Kamis, 2 Mei 2024

Pemkab Resmikan Operasional RSUD Sidoarjo Barat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Grand launching RSUD Sidoarjo Barat/Sibar pada Rabu (24/8/2022). Foto: Tangkapan layar akun instagram @pemkabsidoarjo

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meresmikan operasional RSUD Sidoarjo Barat (Sibar) dalam Grand Launching pada Rabu (24/8/2022).

Acara tersebut diresmikan oleh Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo bersama dokter Erwin Astha Triyono Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Forkopimda Sidoarjo.

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu menyebut, proses pembangunan rumah sakit ini adalah sebuah keajaiban karena hanya memerlukan waktu 5 bulan.

“Rumah sakit Sidoarjo Barat ini kalau di kalangan bupati-bupati yang lain termasuk keajaiban, kenapa, itu mepet sekali, lima bulan (pembangunannya), saya masih ingat,” ucapnya.

RSUD yang berada di Kecamatan Krian tersebut memiliki fasilitas rumah sakit kelas C di antaranya, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Inap, dan Instalasi Rawat Jalan.

Gus Muhdlor mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menudukung terwujudnya pembangunan RSUD Sibar. Ia berharap pelayanan kesehatan RSUD Sibar akan semakin maju dan berkembang serta dapat naik menjadi rumah sakit kelas B.

“Kalau RSUD Sidoarjo yang sekarang kelas B dan nanti naik kelas A maka RSUD Sibar 3 tahun atau 4 tahun ke depan harus naik menjadi kelas B,” pintanya.

Sementara itu, drg. Syaf Satriawarman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, RSUD Sibar telah memiliki 14 dokter spesialis.

Ia menjelaskan pelayanan kesehatan di IGD terdiri dari triase, resusitasi serta ruang tindakan dan ruang observarsi, obstetri neonatal emergensi komprehensif.

Dokter Syaf juga menjelaskan, ruang isolasi di RSUD Sibar dilengkapi dengan berbagai klinik. Di antaranya klinik spesialis penyakit dalam, klinik spesialis jantung dan pembuluh darah, klinik spesialis bedah umum dan klinik spesialis obstetri dan ginekologi, klinik spesialis bedah tulang serta klinik spesialis anak dan gigi.

“Sementara untuk layanan penunjang terdapat instalasi laboratorium patologi klinik, instalasi farmasi, instalasi CSSD, instalasi ambulan dan informasi komunikasi,”kata Syaf.

Persediaan obat di RSUD Sibar sudah tersedia lengkap, terdiri dari bahan medis habis pakai dan non habis pakai.

“Obat untuk spesialis obgyn, ortopedi, bedah umum, anak, jantung dan pembuluh darah dan ICU serta anastesi sudah siap sesuai formularium yang disusun di RSUD Sidoarjo Barat,”ucapnya.(gat/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs