Kamis, 25 April 2024
Pemkab Sidoarjo

Siap Beroperasi Awal April, RSUD Sidoarjo Barat Mulai Layani Rawat Jalan

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo Barat. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menargetkan RSUD Sidoarjo Barat (Sibar) mulai beroperasi awal bulan April.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo mengatakan untuk tahap awal, rumah sakit yang berlokasi di Kecamatan Krian ini akan melayani rawat jalan terlebih dahulu.

“Rencananya Bulan April ini RSUD Sidoarjo Barat sudah mulai beroperasi. Sementara melayani rawat jalan dulu, sementara untuk layanan IGD sedang disiapkan,” ujar Bupati Sidoarjo, Sabtu (26/3/2022).

Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo menambahkan, di tahap awal ini pelayanan rawat jalan yang sudah mulai dibuka antara lain, layanan Poli Spesialis Anak, Poli Kandungan, Poli Bedah Orthopedi, Poli Bedah Umum hingga Poli Gigi.

Pada Minggu terakhir Bulan Maret lalu, pekerja masih menyelesaikan pekerjaan interior ruangan seperti, ruang front office, ruang staf pelayanan IGD dan beberapa ruang pendukung lainnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan nanti, manajemen RSUD Sidoarjo Barat juga menyiagakan 2 unit mobil ambulance dan 1 unit mobil jenazah.

Gus Muhdlor mengatakan, dengan beroperasinya RSUD Sidoarjo Barat ini diharapkan pemerataan dan peningkatan layanan kesehatan di seluruh wilayah Sidoarjo bisa terlaksana. RSUD Sidoarjo Barat akan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi warga yang tinggal di Kecamatan Krian, Balongbendo, Taman, Wonoyu termasuk juga Prambon.

“Menyelamatkan generasi emas salah satunya dengan memenuhi layanan dasar kesehatan. Oleh sebab itu, pemerataan dan peningkatan layanan kesehatan kita prioritaskan, salah satunya melalui RSUD Sidoarjo Barat ini,” ujar Gus Muhdlor.

Sementara itu, dr. Abdillah Segaf Al Hadad Plt. Direktur RSUD Sidoarjo Barat, menyampaikan, manajemen saat ini sedang fokus dalam menyiapkan fasilitas layanan rawat jalan di setiap Poli, termasuk perlengkapan di layanan IGD juga sedang dikebut.

“Mulai dari perlengkapan bed, penutup sekat ruangan termasuk peralatan yang ada di IGD masih dikebut. Untuk di ruang Poli Kandungan sudah dilengkapi alat tes pemeriksaan kandungan Ultrasonografi (USG). Targetnya saat soft lanching nanti sudah ready,” kata Abdillah.

Selain merampungkan bangunan fisik, penyiapan tenaga medis seperti dokter dan perawat di tiap Poli juga tengah dimatangkan, termasuk tenaga administrasinya.

“Penyiapan tenaga medis juga penting, ini sedang kita matangkan,” terang Abdillah yang juga menjabat Kepala Bidang Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sidoarjo. (adv/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs