Selasa, 23 April 2024

Pemkot Targetkan 100 Persen Anak Surabaya Terima Imunisasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rini Indriyani bersama Pemkot Surabaya menggelar tinjauan keliling pada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Foto: surabaya.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Rini Indriyani, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya meninjau pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan berkeliling. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan BIAN berjalan dengan lancar, karena pemkot menargetkan 100 persen anak di Kota Pahlawan menerima imunisasi. Seperti yang dilansir surabaya.go.id, Kamis (4/8/2022).

Saat Rini Indriyani mengunjungi Paud Liya dan Posyandu Flamboyan, ia tidak menyangka bahwa anak-anak sangat bersemangat mengikuti imunisasi.

“Anak-anak disini luar biasa, memang butuh motivasi agar mereka berani. Saya berharap orang tua bisa memberikan motivasi atau bisa memberikan hadiah kepada anaknya setelah imunisasi. Ini bisa menjadi cara agar anak-anak mau melakukan imunisasi,” kata Rini Indriyani, Rabu (3/8/2022).

Sementara itu, ia juga menambahkan bahwa kegiatan BIAN Tahap 2 dilakukan serentak di Pulau Jawa dan Bali pada Agustus 2022. Pelaksanaan BIAN bertujuan untuk melindungi dan mencegah anak-anak dari penyakit.

“BIAN adalah pemberian imunisasi Campak-Rubella, serta melengkapi dosis imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Manfaat BIAN, bisa mencegah kesakitan dan kecacatan akibat Campak, Rubella, Polio, Difteri, Pertusis (batuk rejan), Hepatitis B, Pneumonia (radang paru), dan Meningitis (radang selaput otak),” jelas Rini.

Sejak pandemi Covid-19, terjadi penurunan imunitas karena orang tua takut membawa anaknya keluar dari rumah. Sehingga, setelah kondisi berangsur membaik, pemerintah kembali menggerakkan kegiatan imunisasi tersebut.

“Kita lengkapi imunisasi untuk anak pada bulan Agustus ini, jadi serentak dilakukan. Ini bukan hanya kewajiban pemerintah, tapi seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama,” ujar Rini.

Rini Indriyani yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Surabaya, mengajak orang tua untuk selalu mengecek data imunisasi anak, dengan mengunjungi Posyandu atau Puskesmas terdekat.

“Ayo kita peduli dengan anak-anak kita, imunisasi apa yang masih kurang, ayo kita lengkapi dan imunisasi ini gratis. Harapan kami, satu bulan ini mencapai target 100 persen anak-anak Surabaya mendapatkan imunisasi,” harap Rini. (des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs