Jumat, 19 April 2024

Pemprov Jatim Terima Laporan 17 Ribu Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Emil Dardak Plt Gubernur Jatim saat melihat sapi kurban di Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah menerima laporan sebanyak 17 ribu titik lokasi pemotongan hewan kurban, di seluruh kabupaten/kota.

“Laporan tersebut yang sudah didaftarkan ke Dinas Peternakan yang bukan rumah potong hewan (RPH),” ujar Emil Elestianto Dardak Plt. Gubernur Jatim usai mengikuti Salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022) dilansir Antara.

Bahkan, lanjut dia, diperkirakan pendaftar akan terus bertambah karena pemotongan hewan kurban diperbolehkan secara Islam selama Hari Tasyrik atau hingga tiga hari setelah Iduladha.

“Informasinya, hari ini bertambah lagi 2.000 titik dan sudah terpantau. Pesan kami, patuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh petugas berwenang,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Jatim juga menegaskan paramedik atau veteriner mengawasi lebih dari satu titik dan telah bekerja keras untuk memastikan hewan kurban dipotong dalam keadaan sehat, tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Petugas, lanjut Emil Dardak, rutin melakukan pemeriksaan pra atau antemortem sebelum dilakukan pemotongan hewan kurban di berbagai titik. Karena itu, dia meminta masyarakat tidak ragu untuk berkurban pada momen Iduladha tahun ini.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras veteriner maupun paramedik, serta petugas terkait lainnya. Pemeriksaan terus dilakukan dan sudah kami cek di beberapa titik yang menjadi sampel. Masyarakat mohon mematuhi peraturan yang berlaku. Pastikan tempat-tempat yang memotong hewan ini sudah dilakukan pendataan serta pemeriksaan untuk kesehatan hewan, baik antemortem (sebelum dipotong) dan postmortem (setelah dipotong),” tambahnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Jatim meninjau beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya hewan kurban sebelum didistribusikan, salah satunya di Islamic Center Surabaya.

Di lokasi tersebut, seluruh hewan kurban yang masuk dan keluar harus melalui prosedur ketat sebagai upaya pencegahan PMK, seperti pemeriksaan kesehatan hewan hingga penyemprotan disinfektan.

Selain itu, Wakil Gubernur Jatim juga meninjau lokasi RPH Pegirian Surabaya untuk memastikan prosedur pemotongan hewan kurban berjalan lancar.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs