Sabtu, 2 Maret 2024

Emil Dardak Pastikan Pemeriksaan Hewan Kurban di Jawa Timur Sebelum Penyembelihan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Penyerahan simbolis sapi kurban Presiden RI diwakili Emil Dardak Plt Gubernur Jatim pada pengurus Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Emil Dardak Plt Gubernur Jawa Timur memastikan seluruh hewan kurban diperiksa antemortem (sebelum) penyembelihan. Itu dilakukan untuk memastikan hewan sehat sebelum daging kurban dibagikan ke masyarakat.

“Dari beberapa titik sampel yang kami datangi diproses antemortem atau pemeriksaan pra penyembelihan yang dilakukam selama 12 atau 24 jam sebelum penyembelihan. Hasilnya, tidak ditemukan tanda-tanda suspect PMK,” kata Emil usai penyerahan simbolis sapi dari Presiden RI, Gubernur Jatim, dan Wagub Jatim di Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022).

Emil menambahkan, ada 19 ribu lebih lokasi non Rumah Potong Hewan (RPH) di Jawa Timur yang sudah terdaftar di Dinas Peternakan tiap kabupaten/kota.

“Kemarin 17 ribu, pagi ini sudah nambah 19 ribu lebih,” imbuh dia.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat tidak khawatir untuk tetap berkurban di tengah wabah PMK. Karena di samping itu, pemerintah terus berupaya mengawasi.

“Tapi juga jangan lengah, pastikan tempat-tempat penyembelihan hewan ini sudah melakukan pemeriksaan ante mortem,” ujarnya lagi.

Menurutnya situasi saat ini juga perlu disyukuri, masyarakat masih bisa melaksanakan ibadah Salat Id dengan kelonggaran pandemi Covid-19.

“Yang berbeda tahun ini, memang ada wabah PMK. Tapi kami pantau tiap hari penyeberannya cenderung menurun,” pungkas Emil. (lta/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
27o
Kurs