Sabtu, 20 April 2024

Penonton Serbu Pilot Usai Demonstrasi Pesawat Udara Puspenerbal

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Masyarakat yang berebut foto bersama pilot usai demonstrasi pesawat udara, Minggu (12/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ribuan warga terkesima saat menonton demonstrasi pesawat udara tim Rajawali Laut Flight Puspenerbal, dalam Naval Air Base Open Day (NABOD) di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Minggu (12/6/2022) pagi. Begitu pesawat-pesawat yang tampil dalam demonstrasi mendarat, para penonton langsung berebut foto dengan para pilot serta kopilot yang mengemudikan masing-masing pesawat.

Digelar setahun sekali, momen NABOD memberikan kesempatan pada masyarakat melihat langsung pesawat yang digunakan untuk demonstrasi dari jarak dekat. Sebelumnya mereka disuguhi formasi pesawat yang melintas di langit Apron Hanggar Lanudal Juanda, selama kurang lebih 20 menit.

“Iya masyarakat antusias karena memang momen ini mereka bisa langsung lihat pesawatnya secara langsung yang dipakai tadi,” kata Kapten Laut Billy Yudha Firmansyah, Pilot Leader Rajawali Laut Flight pada acara NABOD saat ditemui suarasurabaya.net.

Masyarakat juga rela berpanas-panasan menantikan setiap formasi pesawat yang ditampilkan. Hampir semuanya mengabadikan menggunakan kamera gadget dari awal hingga akhir pertunjukan, dan bersorak gembira ketika pesawat melintas menunjukkan atraksinya.

Masyarakat yang mengabadikan momen formasi pesawat udara Bonanza G-36 dalam demonstrasi udara, Minggu (12/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Atraksi totalnya ada lima formasi, Arrow Formation dari utara ke selatan, lanjut Stingray lintasan diagonal selatan ke utara, ada Alfa Formation sampai terakhir Boomburst,” kata Kapten Billy.

Pada demonstrasi pesawat udara kali ini, total ada lima pesawat yang masing-masingnya dikendalikan seorang pilot didampingi kopilot. Empat pesawat di antaranya jenis Bonanza G-36 dan satu pesawat yang baru dipakai untuk demonstrasi yaitu Piper Archer DX.

“Baru kali ini pakai Piper Archee DX sebagai leadernya. Biasanya hanya Bonanza,” tambah Kapten Billy.

Formasi Bomburst menjadi penutup yang paling meriah dengan sorak-sorai penonton. Formasi tersebut menampilkan seluruh pesawat yang melesat bersama-sama dan kemudian memisahkan diri seperti kembang api.

“Wah keren, misah-misah,” ujar salah satu penonton sambil merekam momen tersebut menggunakan ponselnya.(lta/bil/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs