Rabu, 6 Juli 2022

402 Atlet Panahan se-Indonesia Ikuti Kejuaraan Panahan FNIAO Puspenerbal

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Upacara Pembukaan Kejuaraan Panahan FNIAO 2022 di Lapangan Dakota Lanudal Juanda, Sidoarjo, Sabtu (28/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-66 Penerbangan TNI-AL, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar Kejuaraan Panahan Fly Navy International Archery Open (FNIAO) 2022.

Bertempat di Lapangan Dakota Lanudal Juanda, Sidoarjo, kejuaraan yang diikuti 402 atlet panahan dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut dibuka hari ini, Sabtu (28/5/2022).

Laksma TNI Bayu Alisyahbana Wakil Komandan Puspenerbal saat diwawancara usai upacara pembukaan FNIAO 2022 di Lapangan Dakota Lanudal Juanda, Sabtu (28/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Laksamana Pertama (Laksma) TNI Bayu Ali Syahbana Wakil Komandan Puspenerbal mengatakan, tujuan kejuaraan ini diadakan selain menjalin silaturahmi antara TNI AL dengan masyarakat tetapi juga menggali bakat-bakat atlet masa depan. Ia menambahkan, rencananya kejuaraan ini juga akan diadakan rutin setiap tahun.

“Akan diadakan berkelanjutan setiap ulang tahun Penerbangan TNI AL,” ujar Bayu Ali Syahbana setelah upacara pembukaan di Lapangan Dakota Lanudal Juanda Sidoarjo.

Sementara terkait total peserta yang ikut dalam kejuaraan ini, Mayor Laut (E) Fery Hermawan Komandan Lanudal Aru sekaligus Ketua Panitia Kejuaraan Panahan FNIAO mengatakan 402 atlet panahan ini berasal dari berbagai klub panah dan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) mewakili kabupaten hingga provinsi di seluruh Indonesia.

“Seluruhnya (provinsi). Jatim ada, DKI Jakarta, paling jauh Batam,” ujar Mayor Laut (E) Fery.

Selain itu, untuk jarak ukuran lapangan memanah Kejuaraan Panahan FNIAO dimulai dari 30, 40, 60, 70 meter. Serta terdapat empat divisi dan empat kategori yang bisa diikuti para atlet.

“Divisi Standar Bow, Recurve, Compound, dan Barebow. Sedangkan kategori juga ada 4 usia yaitu U10, U12, U15, dan umum,” jelas Mayor Laut (E) Fery.

Dalam upacara pembukaan tersebut juga dihadiri Inspektorat Puspenerbal (Ir Puspenerbal), para Direktur Puspenerbal, Komandan Lanudal Juanda, Komandan Wing Udara 2, Kepala Fasilitas dan Pemeliharaan Pangkalan (Kafasharkan) Pesawat udara (Pesud), Komandan Komando Latihan (Dankolat) Penerbangan TNI AL, dan Ketua EO Sayaka yang bekerja sama dalam kegiatan ini.

Sekitar pukul 10.00 WIB, pertandingan dimulai dengan diawali pengecekan alat para atlet peserta.

Kejuaraan panahan FNIAO ini berlangsung selama lima hari mulai Sabtu (28/5/2022) hingga 1 Juni 2022 mendatang. (lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs