Selasa, 27 September 2022

Penumpang KAI Daop 8 Khidmat Saat Mengheningkan Cipta di Kereta

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Para penumpang kereta api saat mengheningkan cipta bersama, Rabu (17/8/2022). Foto: Humas KAI Daop 8 Surabaya

Penumpang kereta api KAI Daop 8 Surabaya khidmat mengheningkan cipta saat lagu Mengheningkan Cipta diperdengarkan. Mereka kompak berdiri dan mengambil sikap sempurna serta menundukkan kepala sejenak meski tanpa upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022).

Tepat pukul 10.00 WIB seluruh petugas di Stasiun Wilayah KAI Daop 8 Surabaya dan penumpang menghentikan aktivitasnya.

“Kegiatan ini merupakan implementasi semangat cinta Tanah Air, KAI dalam menyediakan konektivitas untuk masyarakat Indonesia,” kata Luqman Arif Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya.

Pada saat memasuki Detik-detik Proklamasi dikumandangkan, penumpang turut menyaksikan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi dan lagu Indonesia Raya di dalam kereta.

“Meski dilakukan secara sederhana namun peringatan HUT RI tetap berjalan dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Luqman Arif.

Semangat kemerdekaan juga terlihat dari kostum para petugas di garda depan yang terdiri dari petugas customer service on station, ticketing officer, dan announcer di stasiun mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu beberapa lokomotif dan kereta dipasangi livery (penanda) khusus, di antaranya relasi Surabaya Gubeng-Bandung PP yaitu KA Argo wilis, KA Bima, KA Sembrani, dan beberapa KA lainnya. Livery berlatar warna merah dengan gambar tangan memegang Bendera Merah Putih yang berkibar, Garuda Pancasila, siluet kepulauan Nusantara, logo Kemerdekaan Ke-77 RI dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, serta tulisan Dirgahayu Republik Indonesia #KAIUNTUKINDONESIA berwarna putih. (lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
30o
Kurs