Sabtu, 4 Februari 2023

PLN Sediakan Pasokan Listrik hingga Foodtruck Pascaerupsi Gunung Semeru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
PT PLN (Persero) menyediakan dapur umum melalui foodtruck bagi warga pengungsi Gunung Semeru. Foto: PT PLN (Persero)

PT PLN (Persero) tunjukkan kepedulian bagi warga terdampak pascaerupsi Gunung Semeru selama masa siaga melalui pemulihan pasokan listrik hingga Foodtruck PLN.

Untuk diketahui, pascaerupsi Gunung Semeru yang turun status dari level IV (Awas) menuju level III (Siaga) akan ditetapkan selama 14 hari sejak erupsi pada Minggu (4/12/2022).

Berdasarkan siara pers yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (10/12/2022), proses pemulihan pasokan listrik, baik jaringan maupun distribusi ke pelanggan telah mencapai 100 persen normal.

Hal ini tercatat, Kamis (8/12/2022), ada 122 gardu distribusi yang terdampak kembali pulih total, termasuk di kawasan di zona tidak aman.

Tidak hanya itu, PLN juga menyediakan dapur umum melalui Foodtruck PLN untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi warga pengungsi.

Setiap harinya, ada 600 paket makanan yang didistribusikan kepada masyarakat di posko pengungsian lapangan Candipuro.

Pegawai PLN sedang menyiapkan makanan siap saji untuk warga pengungsi Gunung Semeru. Foto: PLN

Lasiran General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur berharap, keberadaan foodtruck dan posko kelistrikan PLN mampu meringankan kebutuhan para pengungsi.

“Melalui foodtruck ini, PLN menyajikan makanan sehat dan bergizi agar dapat meringankan duka dan memberikan semangat bangkit kepada para pengungsi. Mereka juga tidak perlu khawatir akan hal lain saat berada disini karena semua sudah terfasilitasi termasuk untuk memenuhi kebutuhan keluarganya,” ujar Lasiran.

Harry Wisuardy Kepala Regu Foodtruck PLN Peduli memaparkan, personelnya akan menyediakan makanan siap saji hingga masa siaga usai.

“Kami terdiri dari 15 personel yang mengelola dapur umum, produksi 600 porsi perhari dilengkapi vitamin, susu, dan roti. Semoga mampu mencukupi kebutuhan pangan dan gizi warga terdampak erupsi Gunung Semeru disini serta membangkitkan semangatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dani Nurdiansyah Relawan Kaki Gunung Semeru mengaku dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan PLN, mulai bantuan logistik hingga layanan kesehatan.

“Kami sangat terbantu dengan peran PLN untuk penanganan evakuasi warga di sini. Koordinasi juga berjalan makin lancar dengan pulihnya listrik, terima kasih,” sambung Dani.

Senada juga disampaikan Budi warga pengungsi asal Sumbermujur, terkait pengalamannya di pengungsian.

“Alhamdulillah merasa terbantu dan terfasilitasi di pengungsian, ada juga makanan siap saji dari PLN, sehingga tidak perlu kebingungan, terima kasih,” ungkap Budi.(tik/ipg)

Berita Terkait