Kamis, 2 Mei 2024

Polisi Periksa CCTV dan Sebar Pamflet Tahanan Rudenim ke Sejumlah Lokasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Seorang deteni yang melarikan diri dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Pasuruan, Jatim. Foto: Kanwilmumham Jatim.

Selain memeriksa rekaman CCTV Masjid Hidayatullah, Karang Ketug, Gadingrejo, Pasuruan, tempat ditemukannya mobil yang dibawa kabur Tahanan Rudenim, polisi segera memeriksa rekaman CCTV lainnya.

Sebagaimana diketahui, Chevrolet Orlando N 1030 SP mobil dinas Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya yang WNA Palestina berinisial MDH itu ditemukan di Masjid itu pada Minggu (2/1/2021).

Baca juga: Polda Jatim Yakin WNA Tahanan Rudenim Masih di Jatim

Kombes Pol Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, selain CCTV masjid itu ada kemungkinan Tim Gabungan Polda dan Polres Pasuruan akan mengambil beberapa rekaman CCTV lain.

“Iya kami ada kemungkinan akan mengambil beberapa titik CCTV yang diduga dilintasi oleh yang bersangkutan (MDH, tahanan Rudenim yang kabur),” ujarnya di Mapolda Jatim, Selasa (4/1/2022).

Selain itu, untuk mengantisipasi kaburnya Tahanan Rudenim itu keluar Jatim atau ke luar negeri, Gatot menegaskan bahwa Tim Gabungan juga sudah menyebarkan informasi ke sejumlah lokasi.

“Kami sudah mengeluarkan informasi dengan menyebarkan pamflet ke beberapa titik yang kami duga jadi tempat pelarian. Seperti stasiun kereta api atau terminal bus, itu juga sudah kami informasikan,” katanya.

Baca juga: Kemenkumham Jatim Gandeng TNI- Polri Cari WNA yang Kabur dari Rudenim Surabaya

Tidak hanya itu, dia juga memastikan bahwa Polda Jatim juga menggerakkan elemen masyarakat rekanan yang peduli dengan Kamtibmas untuk ikut membantu pencarian tahanan Rudenim itu.

“Kalau nanti ketemu, kami akan serahkan yang bersangkutan kepada pihak Rudenim. Kami akan tetap melakukan penyelidikan. Kalau itu memang harus ditingkatkan ke penyidikan, ya akan kami lakukan,” ujarnya.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs