Jumat, 26 April 2024

Populasi Panda Raksasa Penangkaran Global Bertambah Jadi 673 ekor

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, Panda Raksasa. Foto: Antara

Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa China menyebut, populasi panda tersebut penangkaran di seluruh dunia mencapai 673 ekor, hampir dua kali lipat dari jumlah satu dekade yang lalu.

Seperti dilaporkan Antara melansir dari Xinghua, Kamis (13/10/2022), Duan Zhaogang direktur lembaga itu mengaitkan peningkatan populasi tersebut dengan pesatnya perkembangan teknologi pembiakan artifisial untuk panda raksasa.

“Populasi panda raksasa liar di China tumbuh dari 1.114 ekor pada 1980-an menjadi 1.864 ekor, sementara habitat-habitat yang dilindungi untuk spesies itu juga berkembang signifikan selama periode yang sama,” kata Duan.

Dalam 10 tahun terakhir, sebanyak 10 ekor panda raksasa penangkaran telah dilepasliarkan. Menurut lembaga tersebut, sembilan di antaranya berhasil bertahan hidup.

Pusat konservasi itu juga membentuk platform kerja sama dan pertukaran panda raksasa di tingkat internasional dan dalam negeri, dengan menarik 16 negara dan kawasan untuk bergabung, dan berhasil membantu membiakkan 21 bayi panda raksasa di luar negeri. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs