Jumat, 19 April 2024

Panda Raksasa Qinqin Melahirkan Sepasang Bayi Kembar di Shaanxi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Panda Raksasa Qinqin. Foto: Antara

Qinqin, Seekor panda raksasa kembali melahirkan sepasang bayi kembar dengan jenis kelamin berbeda di Pusat Penelitian Panda Raksasa Qinling di Provinsi Shaanxi, Cina, Selasa (23/8/2022).

Qinqin, seekor panda yang dibesarkan secara artifisial itu, melahirkan bayi berjenis kelamin jantan dengan bobot tubuh 176,4 gram dan bayi berjenis kelamin betina dengan berat tubuh 151,2 gram. Kedua anak Qinqin lahir dalam kondisi baik, menurut pusat penelitian tersebut.

Ini merupakan kali kedua Qinqin, yang lahir di 2013 itu, menjalani persalinan. Sebelumnya, pada 22 Agustus 2020, Qinqin melahirkan sepasang bayi betina.

Kelahiran itu juga menjadi bayi kembar kedua yang dikembangbiakkan di Pusat Penelitian Panda Raksasa Qinling tahun ini.

Sebelumnya, Kamis (11/8/2022), seekor panda raksasa lain Yongyong melahirkan dua bayi jantan dengan bobot tubuh masing-masing 150,4 gram dan 134,5 gram.

Panda raksasa yang dikembangkan Qinling merupakan subspesies panda raksasa yang pertama kali diidentifikasi pada 2005.

Panda itu memiliki tempurung kepala dengan bentuk lebih kecil dan bulat, moncong lebih pendek, dan bulu lebih sedikit dibandingkan dengan subspesies Sichuan, yang lebih dikenal luas.

Shaanxi mulai memelihara panda raksasa Qinling secara artifisial di tahun 1980-an dan memiliki sistem teknologi pembiakan artifisial yang matang. Sejauh ini, total 36 anak panda raksasa telah dibiakkan di provinsi tersebut.(ant/gat)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs