Jumat, 26 April 2024

PPKM Jawa-Bali Berlanjut Sepekan Lagi sampai 21 Februari

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Koordinator PPKM Jawa-Bali saat memberikan keterangan pers virtual, sore hari ini, Senin (20/9/2021). Foto: Tangkapan layar YouTube

Pemerintah kembali memperpanjang masa aktif Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berjenjang di wilayah Pulau Jawa dan Bali selama sepekan, mulai tanggal 15-21 Februari 2022.

Luhut Binsar Pandjaitan Koordinator PPKM Jawa-Bali mengatakan, pemerintah kembali melakukan penyesuaian aturan dan jenjang pembatasan di tiap daerah.

Pernyataan itu disampaikan Luhut, sore hari ini, Senin (14/2/2022), secara virtual sesudah rapat kabinet terbatas yang dipimpin Joko Widodo Presiden.

Untuk daerah yang menerapkan PPKM Level 3 seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), batas maksimum pekerja yang boleh masuk kantor (work from office) naik dari sebelumnya 25 persen menjadi 50 persen.

“Untuk periode PPKM minggu ini pemerintah akan menyesuaikan kembali batas maksimum WFO di level 3 yang sebelumnya 25 persen menjadi 50 persen atau lebih,” ucapnya.

Sementara, Batasan orang yang beraktivitas seni budaya dan sosial masyarakat baik di fasilitas umum serta tempat wisata juga naik jadi 50 persen.

Menurut Luhut, tujuan penyesuaian kapasitas maksimum itu untuk memberikan kesempatan para pekerja informal seperti pedagang di pinggir jalan dan pekerja seni tetap beraktivitas seperti biasa.

Walau pemerintah melonggarkan PPKM di lingkup perkantoran dan pentas seni budaya, Luhut mengingatkan orang-orang yang terlibat disiplin protokol kesehatan, terutama memakai masker.

Kemudian, dia mengimbau masyarakat yang belum menerima suntikan Vaksin Covid-19 segera vaksinasi.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi menambahkan, aturan detail PPKM Jawa-Bali ada dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs