Minggu, 25 September 2022

Presiden Dukung Pramuka Dekat dengan Alam dan Budaya Indonesia serta Melek Teknologi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden mendatangi acara Jambore Nasional Pramuka ke-XI Tahun 2022, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (19/8/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengapresiasi pelaksanaan Jambore Nasional XI Pramuka Tahun 2022, yang berlangsung dari tanggal 14 Agustus bertepatan dengan ulang tahun ke-61 Gerakan Pramuka.

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Pramuka, pagi hari ini, Jumat (19/8/2022), usai mengunjungi para Pramuka Penggalang, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut Jokowi, penyelenggaraan Jambore Nasional Pramuka tahun ini sangat baik karena ada beragam kegiatan yang bisa diikuti para Pramuka Penggalang.

“Kegiatannya sangat beragam. Keterampilan ada, teknologi ada, alam ada, budaya ada. Saya kira sangat bagus,” ujarnya di lokasi.

Jambore Nasional Pramuka tahun ini bukan cuma berisi kegiatan yang berhubungan dengan alam dan  lingkungan hidup, tapi juga pengenalan warisan budaya tak benda Indonesia yaitu Batik.

“Tadi saya lihat ada bermacam kegiatan baik yang berkaitan dengan sampah plastik itu isu lingkungan, ada yang juga panjat tebing, dikenalkan dari daerah-daerah yang belum ada batik membuat batik,” imbuhnya.

Kepala Negara juga mengapresiasi adanya pengenalan teknologi digital kepada para Pramuka Penggalang melalui zona kampung digital dan komputasi awan.

Di situ, anak-anak peserta Jambore dikenalkan dengan teknologi digital, seperti cara membuat website, dan bermain e-sport.

Sekadar informasi, Jambore Nasional Pramuka tahun ini diikuti Pramuka Penggalang dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dengan rentang usia 11-15 tahun.

Selain itu, kegiatan tahunan Pramuka yang dijadwalkan berlangsung sampai tanggal 21 Agustus 2022 juga diikuti sejumlah peserta dari luar negeri.

Tahun ini, tema yang diusung adalah Melalui Kegiatan Jambore Nasional XI Tahun 2022, Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
25o
Kurs