Minggu, 28 April 2024

Presiden Instruksikan TNI Bantu Wujudkan Kemandirian Pangan dan Mengendalikan Inflasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyaksikan parade Kendaraan Tempur TNI, di depan Istana Merdeka, Jakarta, bertepatan HUT ke-77 TNI, Rabu (5/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, hari ini, Rabu (5/10/2022), memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di lapangan Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam amanatnya, Presiden mengingatkan Prajurit TNI untuk tetap menjadi garda terdepan menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

“Perkokoh persatuan dan kesatuan nasional, perkokoh perdamaian dan gotong royong, saling bahu membahu, kompak, agar Indonesia bisa menghadapi krisis dunia yang sangat berat ini. Sebagaimana telah dibuktikan dalam sejarah perjalanan Indonesia, TNI selalu berada di garda terdepan dalam menghadapi setiap tantangan-tantangan yang ada, terutama dalam menghadapi berbagai krisis yang kita hadapi,” ucapnya.

Kemudian, Jokowi minta setiap personel TNI bersikap dan bertindak profesional sesuai Pancasila, UUD NRI 1945, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Selain itu, Kepala negara menekankan TNI terus memelihara kemanunggalan dengan rakyat, sesuai motto Bersama Rakyat TNI Kuat.

“Pemerintah, masyarakat bangsa dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Teruslah memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden mendorong sinergi TNI dan Polri demi suksesnya KTT G20, dan berbagai agenda besar dalam penanganan krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial.

“Tanggung jawab kita bukan hanya menangani krisis di dalam negeri sendiri. Kita juga diberikan kepercayaan untuk memberikan kontribusi kepada dunia. Tahun ini, di masa-masa sulit sekarang, Indonesia memegang Presidensi G20. Indonesia juga dipercaya sebagai anggota Champion Group Global Crisis Response dan tahun depan Indonesia akan menjadi ketua ASEAN,” paparnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, TNI perlu mendukung kemandirian pangan, pengendalian inflasi, serta menjaga pertahanan dan keamanan supaya masyarakat bisa optimal berkarya di tengah berbagai macam tantangan.

Sesudah upacara, Jokowi Presiden bersama Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI beserta jajarannya menyaksikan atraksi udara TNI AU.

Kemudian, Presiden memeriksa alat persenjataan terbaru TNI yang diparkir di depan Istana Merdeka.

Selanjutnya, Kepala Negara melepas defile Prajurit TNI dari berbagai matra dan kendaraan tempur yang bergerak dari Istana Merdeka menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Sekadar informasi, pada ulang tahun ke-77, TNI mengangkat tema TNI Adalah Kita.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs