Rabu, 1 Februari 2023

Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI Terpusat di Istana Merdeka

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Persiapan pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-77 TNI, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), hari ini, Rabu (5/10/2022), terpusat di Istana Merdeka, Jakarta.

Rangkaian upacara sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, acara dibuka dengan hiburan musik di sisi selatan Istana Merdeka. Tim drumband Sekolah Calon Perwira TNI AD (SECAPA AD), memainkan berbagai lagu nasional maupun internasional.

Sejumlah kendaraan tempur dari berbagai matra terparkir di depan Istana. Sedangkan para prajurit TNI berbaris rapi di Lapangan Istana Merdeka.

Tim Drumband Secapa TNI AD memainkan berbagai lagu di depan Istana Merdeka, Jakarta, sebelum upacara peringatan HUT ke-77 TNI, Rabu (5/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI hari ini, Joko Widodo Presiden bertugas sebagai Inspektur Upacara.

Letjen Eko Margiyono Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, mengatakan ada sejumlah acara pada peringatan HUT ke-77 TNI yang terpusat di Istana Kepresidenan Jakarta.

Selepas upacara, Presiden akan menyaksikan demo atraksi pesawat tempur TNI Angkatan Udara (AU), antara lain flypass Pesawat F16 yang melintas di atas Istana.

Kemudian, ada aksi helikopter yang mengibarkan bendera raksasa, dan atraksi akrobatik dari Jupiter pasukan akrobatik udara TNI AU.

Sesudah rangkaian atraksi di udara Presiden Jokowi akan melakukan konferensi video menyapa para prajurit TNI yang bertugas di sejumlah perbatasan negara.

Antara lain, petugas penjaga perbatasan RI Kalimantan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, petugas pengamanan terluar di Sangihe-Talaud.

Kemudian, dengan petugas di perbatasan RI-Papua Nugini, dan perbatasan antara RI dengan Timor Leste.

Acara berikutnya, Kepala Negara akan keluar Istana, untuk melihat beberapa kendaraan tempur terbaru milik kesatuan TNI.

Lalu, Jokowi menerima pasukan dan alutsista semua matra TNI yang nantinya melakukan defile bersama drum band dan 63 unit kendaraan tempur dari Istana Merdeka ke arah Bundaran Hotel Indonesia.

Nantinya, defile akan berhenti di Bundaran HI untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menyaksikan alutsista TNI.(rid/dfn)

Berita Terkait