Selasa, 30 April 2024

Presiden RI Kunjungan Kerja ke Kawasan Asia Timur

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo (Jokowi) Presiden didampingi Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Beijing, China, Senin (25/7/2022), untuk memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara Asia Timur, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, siang hari ini, Senin (25/7/2022), berangkat ke Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 14.00 WIB.

Waktu tempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, RRT, sekitar 7 jam, dan diperkirakan mendarat malam hari ini.

Beijing menjadi lokasi pertama kunjungan kerja Presiden RI ke tiga negara kawasan Asia Timur. Selain RRT, RI 1 beserta rombongan terbatas juga akan melawat ke Jepang, dan Korea Selatan.

“Ketiga negara tersebut merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” ujar Retno Marsudi Menteri Luar Negeri melalui pesan tertulis.

Menurut Menlu, Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” imbuhnya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan menuju Beijing, RRT, antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kemudian, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Marsda TNI M. Tonny Harjono, Sekretaris Militer Presiden, dan Andy Rachmianto, Kepala Protokol Negara.

Sementara Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, dan Retno Marsudi Menteri Luar Negeri sudah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version