Sabtu, 20 April 2024

Program Sahabat Satpol PP Digalakkan Cegah Tawuran Remaja di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas Satpol PP perempuan melakukan edukasi kepada para pelajar dalam Program Sahabat Satpol PP di salah satu sekolah di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Maraknya kasus tawuran antar remaja yang terjadi di Kota Surabaya dalam sepekan terakhir, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya mulai menggalakkan program Sahabat Satpol PP Goes to School.

Eddy Christijanto Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya, Senin (26/9/2022) mengatakan, program tersebut menyasar para pelajar SMP dan SMA sebagai upaya pemkot untuk mencegah terjadinya tawuran antar remaja.

“Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar, khususnya dalam upaya perlindungan terhadap anak sekaligus menciptakan ketentraman dan ketertiban di Kota Pahlawan,” kata dia dikutip Antara.

Eddy menjelaskan, jajaran Satpol PP Surabaya terjun langsung ke setiap sekolah untuk memberikan sosialisasi kepada para siswa. Sosialisasi itu terkait dengan kegiatan negatif yang dapat berpotensi melanggar hukum.

“Kami menyampaikan sosialisasi terkait dengan pemahaman mereka terhadap peraturan. Kami sampaikan dengan cara yang fun and games karena tujuannya supaya mereka paham,” ujar dia.

Selain menggalakkan program Sahabat Satpol PP Goes to School, pihaknya juga rutin menggelar patroli gabungan untuk mencegah terjadinya tawuran.

Patroli ini diikuti mulai dari instansi terkait hingga jajaran samping, di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Dinas Sosial. Patroli gabungan ini diikuti sekitar 20 orang lebih personel.

Eddy juga mengatakan, jika pihaknya telah memetakan titik-titik wilayah yang berpotensi menjadi tempat terjadi tawuran, yaitu Jalan Indrapura, Jalan Dupak, Jalan Tanjung Sari, Jalan Banyu Urip, Jalan Kedungdoro, Jalan Diponegoro. Selain itu Jalan Wonorejo, Jalan Kenjeran, Jalan Kedung Cowek, Jalan Pogot, Jalan Wonokusumo, Jalan Kaliondo, Jalan Kapasan hingga Jalan Undaan Surabaya. (ant/gat/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs