Jumat, 26 April 2024

PT Diminta Pastikan Kompetensi Mahasiswa Agar Mudah Terserap Lapangan Kerja

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Prof Nizam Dirjen Dikti Kemendikbud. Foto: Antara

Prof. Nizam Direktur Jenderal Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan bahwa Kemendikbudristek mendorong Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi (Apperti) untuk fokus mendorong kualitas pendidikan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja, karena pendidikan tinggi merupakan corong utama dalam pemenuhan masyarakat.

“Perguruan tinggi harus memastikan mahasiswa betul-betul mendapatkan kompetensi dan nilai tambah sehingga mudah terserap dalam dunia kerja,” tuturnya secara daring pada pengukuhan Pengurus Pusat Apperti 2022-2026 di Makassar, Sabtu (5/11/2022) dikutip Antara.

Untuk itu, Prof. Nizam mengingatkan kepada perguruan tinggi agar jangan sampai justru mencederai dunia pendidikan dengan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan aturan, seperti di antaranya dengan sembrono mengeluarkan ijazah, melawan proses pendidikan, memanipulasi daftar mahasiswa yang pada akhirnya justru mencederai kampus itu sendiri.

“Maka dari itu, kami mendorong Apperti harus terus menjaga kualitas pendidikan, memberikan kompetensi dan nilai tambah sehingga mendapatkan lulusan sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Prof. Nizam mengakui peran penting perguruan tinggi untuk menampilkan lulusan SMA/SMK dan Tsanawiyah. Namun tentunya kembali sejauh mana perguruan tinggi itu memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk bagaimana menciptakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman.

“Ketertarikan lulusan SMA/SMK ataupun Tsanawiyah masuk pada salah satu perguruan tinggi tentunya sebanding dengan investasi yang ditanam (pemilik kampus),” pungkasnya.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs