Jumat, 26 April 2024

PT KAI Daop 1 Pastikan Kesiapan Prasarana Pendukung untuk Kelancaran Operasional Lebaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas flying gang PT KAI melakukan perbaikan rel kereta di wilayah Daop 1 Jakarta. Foto: Tim Humas Daop 1 Jakarta

PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin di berbagai aspek, baik dari sisi sarana, prasarana dan SDM untuk menjamin keselamatan dan kelancaran operasional KA, selama masa angkutan Lebaran.

Langkah tersebut terus dilakukan, seiring dengan bertambahnya perjalanan KA di masa Angkutan Lebaran tahun ini hingga 58 KA per hari.

Melalui keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net pada Sabtu (23/4/2022), Daop 1 Jakarta memastikan kondisi track atau jalur benar-benar dalam kondisi baik, seperti lebar jalur, kondisi bantalan, penambat rel, jembatan, wesel, batu balast, normalisasi saluran air, dan perlintasan sebidang.

Selain itu, Daop 1 Jakarta telah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang ditempatkan di lokasi rawan apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor.

“AMUS yang siapkan berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya,” bunyi keterangan tertulis tersebut.

AMUS untuk jalan rel dan jembatan milik Daop 1 Jakarta. Foto: Tim Humas Daop 1 Jakarta

Terdapat 29 lokasi Unit Pelaksana Teknis Jalan Rel dan Jembatan yang telah tersedia AMUS di wilayah Daop 1 diantaranya di Rangkasbitung, Tanahabang, Tanjung Priok, Pasarsenen, Manggarai, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Untuk daerah rawan, Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan tim khusus seperti petugas flying gang dan penempatan petugas ekstra disejumlah wilayah, untuk melakukan percepatan penanganan jika terjadi kondisi tertentu.

“Secara total terdapat sekitar 1190 petugas prasarana jalur rel dan jembatan, serta 179 petugas dibagian sinyal dan telekomunikasi yang disiapkan untuk mengawal angkutan lebaran” tulis tim Humas Daop 1.

Selain petugas prasarana, alokasi petugas pengamanan gabungan sebanyak 610 personil juga disiapkan untuk mengamankan diberbagai lokasi operasional KA termasuk Stasiun dan Sarana KA. Selain membantu mengatur alur penumpang di stasiun, tim ini juga akan lebih sering melakukan pergerakan, untuk memastikan seluruh penumpang mentaati protokol kesehatan.

Sementara itu, peningkatan jumlah penumpang yang cukup tinggi diprediksi akan terjadi untuk tahun ini. Pada angkutan mudik tahun ini, Daop 1 telah menyiapkan sebanyak 781.590 ketersediaan tempat duduk, sebagai antisipasi 22 hari masa angkutan lebaran. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs