Kamis, 25 April 2024

PT PAL Gelar Public Relation Week, Bahas Keterbukaan Informasi Industri Pertahanan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rariya Budi Harta Corporate Secretary PT PAL Indonesia memberikan penghargaan kepada pemenang lomba foto PRWN di auditorium PT PAL Indonesia, di Surabaya, Jumat (25/11/2022). Foto: Humas PT PAL

PT PAL Indonesia (Persero) melaksanakan giat Public Relations Week PAL (PRWP) Vol. 1, dalam rangka mengenalkan keterbukaan informasi industri pertahanan negara pada masyarakat luas.

Kegiatan yang diikuti awak media dan humas perusahaan, instansi pemerintah hingga perguruan tinggi tersebut, dimulai pada 22-25 November 2022.

Adapun rangkaian kegiatan meliputi lomba foto, talkshow dan tur keliling lokasi pengoperasian hingga produksi kapal perang dan kapal selam di kantor PAL Indonesia, di Surabaya.

Rariya Budi Harta Corporate Secretary PT PAL Indonesia mengatakan, tujuan utama PRWP adalah memberikan edukasi kepada para public relations dan awak media soal penyampaian informasi industri pertahanan, yang aman diberikan ke masyarakat.

“Sharing informasi industri pertahanan itu tidak mudah, karena banyak hal yang sifatnya (classifield) rahasia. Jadi kegiatan ini sekaligus mengedukasi para peserta agar ke depan bisa menghasilkan informasi yang tetap aman untuk diterima khalayak,” jelas Rariya, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya, informasi detail seperti proses pembuatan, kemampuan dan spesifikasi kapal perang maupun kapal selam masih harus dirahasiakan.

“Semisal kapal selam, kita tidak boleh ungkap detailnya seperti kemampuan turbin dan sebagainya kepada public karena menyangkut sistem keamanan persenjataan,” jelasnya.

Sementara informasi umum seperti lokasi pabrik ataupun jumlah kapal yang telah diproduksi, menurutnya, boleh untuk disampaikan. Dia mencontohkan produksi kapal perang PT PAL Indonesia yang sejak tahun 80-an jumlahnya sudah mencapai sekitar 230 unit.

“Karya anak bangsa ini beberapa juga telah diekspor/dibeli oleh negara lain. Seperti terakhir dengan Filipina. Hal seperti ini patut disampaikan karena itu juga prestasi dalam negeri,” tandasnya.

Kapal Cepat Rudal 60m yakni KRI Kerambit-267 besutan PT PAL Indonesia, yang merupakan state of the art PAL, dimana desain dan produksinya dilakukan mandiri oleh industri pertahanan nasional ini. Foto: Billy suarasurabaya.net

Di sisi lain, Iqbal Aji Daryono penulis sekaligus influencer yang juga narasumber dalam gelaran PRWP mengatakan keterbukaan informasi soal industri pertahanan sebenarnya bagus. Tapi, menurut dia, sebuah informasi tetap harus dikelola dan diseleksi terlebih dahulu sebelum disampaikan ke publik.

Apalagi, di era 4.0 menuju 5.0 saat ini rawan muncul konten atau isu yang membuat situasi jadi kontradiktif jika tidak ada pemantauan dan pengarahan.

“Tetap harus ada clue-nya (petunjuk) dari PT PAL khususnya. Informasi yang sifatnya classifield tidak selalu 100 persen isinya rahasia. Tetap ada sisi yang bisa dijadikan informasi untuk publik. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs