Selasa, 23 April 2024

Putin Sampaikan Perkembangan Terkait Ukraina pada Jokowi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jokowi Presiden bertemu dengan Vladimir Putin Presiden di Moskow, Rusia, Jumat (1/7/2022). Foto: Antara

Vladimir Putin Presiden Rusia mengaku menyampaikan secara detail perkembangan terkait Ukraina kepada Joko Widodo Presiden RI, dalam pertemuan keduanya di Kremlin, Moskow, Rusia, Jumat (1/6/2022) dini hari.

“Tentu saja, selama pembicaraan kami membahas beberapa masalah regional dan internasional yang mendesak lainnya. Saya memberi tahu Presiden (Jokowi) secara rinci tentang perkembangan di Ukraina,” kata Putin saat menyampaikan pernyataan pers bersama Jokowi di Kremlin, Rusia, sebagaimana dipantau Antara.

Putin tidak mengungkapkan lebih lanjut penjelasan detail terkait Ukraina yang disampaikannya kepada Jokowi. Putin lebih banyak menyampaikan diskusi tentang kerja sama bilateral antara Rusia dengan Indonesia.

Dia mengatakan bahwa Rusia dan Indonesia berupaya untuk mengoordinasikan posisinya di PBB dan organisasi internasional lainnya, termasuk ASEAN yang akan dipimpin Indonesia tahun depan.

Dia juga menyampaikan Rusia mendukung upaya Indonesia untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan KTT G20 yang berlangsung di Indonesia tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Jokowi Presiden menemui Pemimpin Rusia itu di Moskow, untuk mendorong perdamaian antara Rusia dengan Ukraina yang kini tengah berperang.

Pertemuan dengan Putin dilakukan setelah sebelumnya Jokowi menemui Volodymyr Zelenskyy Presiden di Kyiv, Ukraina.

Jokowi Presiden menyampaikan meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk dikedepankan dengan membuka ruang-ruang dialog.

Ia juga mengaku telah menyampaikan pesan Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina kepada Putin Presiden, dan menyatakan siap membantu menjembatani komunikasi kedua pemimpin untuk upaya perdamaian kedua negara.(ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs