Sabtu, 20 April 2024

PVMBG Imbau Masyarakat Tidak Dekati Puncak Raung

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gunung Raung yang terletak di antara Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, erupsi dan abu vulkanik dirasakan sejumlah wilayah di Banyuwangi, Minggu (7/2/2021) Foto: Humas Pemkab Banyuwangi

Akhmad Basuki, Sub Koordinator Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di radius 3 kilometer dari pusat erupsi di kawah puncak Gunung Raung.

“Status Gunung Raung naik menjadi Waspada/Level 2 pada 29 Juli 2022 pukul 08.00 WIB, sehingga masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi dengan radius 3 km,” jelas Akhmad Basuki, seperti dikutip Antara, Sabtu (30/7/2022).

Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) dan berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, erupsi pada Rabu (27/7/2022). Erupsi menyebabkan Kabupaten Jember dan Bondowoso terimbas hujan abu vulkanik.

“Karakter Gunung Raung biasanya erupsi disertai abu vulkanik, dan kadang-kadang embusan yang cukup kuat juga membawa material abu vulkanik, sehingga masyarakat diimbau selalu menggunakan masker saat terjadi hujan abu vulkanik,” tuturnya.

Potensi ancaman bahaya saat ini berupa lontaran material batuan pijar, namun sebarannya masih terbatas di dalam kawah. Sedangkan material berukuran abu vulkanik dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

Berdasarkan laporan tertulis petugas Pos Pengamatan, aktivitas Gunung Raung Banyuwangi secara visual tampak jelas dan tertutup kabut, serta asap kawah tidak teramati, pada Jumat (29/7/2022).

Sementara itu, untuk aktivitas kegempaan jumlah embusan sebanyak satu kali dengan amplitudo 6 mm, kemudian tektonik jauh sebanyak tiga kali dengan amplitudo 3-31 mm, dan tremor menerus dengan amplitudo 0,5-4 mm. (ant/des/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs