Jumat, 19 April 2024

Ratusan Mahasiswa BEM SI Aksi Unjuk Rasa di Depan Gedung DPR RI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam BEM SI menggelar aksi unjuk rasa di area Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). Foto: Farid suarsurabaya.net

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), hari ini, Senin (11/4/2022), jadi menggelar aksi unjuk rasa di area Gedung DPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Pantauan di lokasi, pukul 14.00 WIB sekitar lima ratusan orang mahasiswa dari berbagai universitas datang dengan pengawalan aparat kepolisian.

Sesampainya di depan Gedung Parlemen, para mahasiswa mengatur barisan untuk membedakan diri dengan kelompok pengunjuk rasa lainnya.

Kemudian, satu per satu orator dari tiap universitas menyampaikan orasi menggunakan perangkat pengeras suara.

Meskipun cuaca di sekitaran Gedung DPR RI kawasan senayan mulai turun hujan, para mahasiswa tetap menjalankan aksi unjuk rasa ini. Jumlah peserta aksi dari kalangan mahasiswa juga terus bertambah.

Berdasarkan keterangan tertulis BEM SI, terdapat empat tuntutan yang dibawa para mahasiswa dalam aksi hari ini.

Pertama, mendesak wakil rakyat mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat, bukan aspirasi partai.

Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang dilakukan mahasiswa berbagai daerah dari tanggal 28 Maret sampai 11 April 2022.

Ketiga, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode.

Selanjutnya untuk tuntutan keempat, yakni mendesak serta menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai sekarang belum terjawab.

Sementara itu, aparat keamanan dari unsur Polri, TNI, dan Polisi Pamong Praja telah bersiaga di sekitar Gedung DPR RI.

Aparat kepolisian melakukan penjagaan aksi mahasiswa BEM SI, Senin (11/4/2022), di Gedung DPR RI. Foto: Farid

Sebagai informasi, BEM SI berencana melakukan unjuk rasa besar-besaran dengan melibatkan seribu mahasiswa di area Istana Kepresidenan Jakarta.

Tuntutannya antara lain menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode. Mendesak pemerintah menunda Pembangunan IKN, dan segera menstabilkan harga kebutuhan masyarakat.

Akan tetapi, lokasi rencana aksi bergeser ke Gedung DPR RI sesudah Jokowi Presiden menyatakan pemerintah tidak punya rencana menunda pemilu, memperpanjang masa jabatan presiden, dan menjadikan presiden tiga periode.(rid/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs