Rabu, 24 April 2024

Ratusan Ribu Perawat di Inggris Bakal Lakukan Mogok Kerja

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi perawat. Foto: Pixabay

Royal College of Nursing (RCN) mengatakan bahwa para perawat di Inggris akan melakukan mogok kerja. Mogok kerja tersebut yakni sebuah aksi yang kian membebani Rishi Sunak Perdana Menteri selama krisis ekonomi.

RCN mengungkapkan bahwa anggotanya menghadapi pemotongan gaji secara riil selama satu dekade dan diperkirakan hingga 300.000 perawat bakal mogok, sehingga prosedur dan operasi medis akan dibatalkan.

Pemogokan itu dilakukan berlangsung sebelum Natal dan bersamaan dengan pekerja industri lainnya, seperti jaringan kereta api yang telah melakukan aksi mogok dalam beberapa bulan terakhir lantaran kenaikan gaji tidak mampu menjaga inflasi dua digit.

Para pekerja pendidikan juga akan menggelar pemungutan suara untuk memilih ikut mogok atau tidak. Pemungutan suara tersebut yakni pemungutan terbesar sepanjang sejarahnya yang mencapai 106 tahun karena dilakukan selama empat pekan terakhir.

“Aksi mogok akan kami dilakukan demi pasien dan juga perawat, kami mendapat dukungan mereka untuk melakukan ini,” tutur Pat Cullen Sekretaris Jenderal sekaligus Kepala Eksekutif RCN yang dikutip Antara dari Reuters, Minggu (6/11/2022).

Pemogokan itu juga akan menjadi aksi nasional pertama dalam sejarah RCN, seperti dilaporkan surat kabar Observer.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs