Jumat, 3 Mei 2024

Ribuan Laskar Santri Jawa Timur Adakan Peringatan Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Momen menyanyikan mars santri saat memperingati Hari Santri Nasional di area lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, pada Sabtu (22/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ribuan Laskar Santri dari seluruh Jawa Timur mengadakan peringatan Hari Santri Nasional di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya pada Sabtu (22/10/2022).

Laskar Santri sendiri merupakan perkumpulan santri dari seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Indonesia.

Dalam peringatan yang dilakukan mulai pagi hari itu, seluruh santri pria menggunakan pakaian yang seragam yakni baju takwa berwarna putih, mengenakan sarung dan berkopyah.

Sedangkan, santriwati juga menggunakan pakaian serba putih dan kerudung berwarna senada. Mereka melakukan seremoni dengan berbaris menghadap panggung.

Suasana peringatan Hari Santri Nasional di area lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, pada Sabtu (22/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Yalal Wathon, Mars Santri, pembacaan teks Pancasila, pembacaan ikrar Laskar Santri, lalu sesi sambutan, kemudian penutupan.

Gus Muhaimin Panglima Laskar Santri, yang hadir secara langsung di Tugu Pahlawan mengatakan bahwa santri merupakan pribadi yang baik dan berakhlak.

“Santri memiliki akhlakul karimah, dan santri hari ini ada untuk menata kehidupan yang lebih baik lagi,” ucapnya saat memberi sambutan di hadapan para santri.

Ia berharap seluruh santri yang tergabung dalam laskar santri, dapat bermanfaat bagi orang lain dan berkompetensi di segala bidang.

“Semoga santri siap mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur,” ucapnya.

Setelah seremoni peringatan hari santri selesai dilakukan, seluruh santri yang hadir melanjutkan acara dengan makan tumpeng yang sudah disiapkan sebelumnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs