Rabu, 1 Februari 2023

Sapi dari Presiden RI Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
"Slamet" sapi jenis simental yang dibeli Joko Widodo Presiden RI dari peternak asal Probolinggo, tiba di Masjid Al Akbar Surabaya Sabtu (9/7/2022) sekitar pukul 15.45 WIB. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Satu ekor sapi jenis simental yang dibeli Joko Widodo Presiden RI sudah tiba di Masjid Al Akbar Surabaya sore ini, Sabtu (9/7/2022) sekitar pukul 15.45 WIB. Kedatangan sapi seberat 1,2 ton itu langsung disambut warga sekitar masjid.

Sapi berusia 2,5 tahun itu rencananya akan disembelih pada Senin (11/7/2022) pukul 08.00 WIB. Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, meski sapi sudah menjalani serangkaian pemeriksaan hingga dinyatakan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebelum dikirim, akan tetap dipastikan kesehatannya lagi menjelang penyembelihan.

“Sapi milik Dandy Narindra asal Ngadas, Sangkapura, Probolinggo, ini sehat, sudah tes sampel darah juga. Tapi kita siapkan posko PMK di lokasi penyembelihan (Halaman Masjid Al Akbar Surabaya) untuk monitor semua jenis hewan yang akan dipotong mulai penyembelihan sampai packaging. Terdiri dari Dinas Peternakan dan tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair,” kata Helmy pada suarasurabaya.net, Sabtu (9/7/2022).

Menurut Helmy, berkembangnya wabah PMK tahun ini tidak mempengaruhi keinginan warga untuk kurban. Hingga pukul 16.00 WIB hari ini, data terakhir jumlah hewan kurban di Masjid Al Akbar Surabaya mencapai 72 ekor dengan rincian 25 sapi dan 47 kambing. Jumlah ini, lanjut Helmy, terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun lalu 2021 itu 20 sapi dan 33 kambing. Selain sapi dari Presiden ada juga dari Pangdam V Brawijaya, Panglima Koarmada II, Gubernur Jatim, Wagub Jatim, Kapolda Jatim, Ketua DPRD Jatim, Setda Prov Jatim, Biro Umum Prov Jatim, dan Dishub Jatim. Semuanya kita sembelih Senin mulai pukul 06.00 WIB, khusus sapi dari presiden pukul 08.00 WIB,” imbuhnya.

Nantinya, seluruh daging hewan kurban yang disembelih akan dibagikan ke 2000 penerima. Mereka adalah warga yang membutuhkan dan telah didata dari tiap-tiap kelurahan di Kecamatan Jambangan Surabaya. Selain itu juga lembaga sosial yang sudah terverifikasi.

“Berbasis RT/RW juga. Jadi bukan masyarakat yang datang ke sini, tapi kami petugas yang akan mengantar. Packaging menggunakan plastik yang ramah lingkungan dan mudah terurai,” pungkas Helmy.

Sementara untuk pelaksanaan salat id di Masjid Al Akbar besok, Minggu (10/7/2022), Helmy mengaku persiapan sudah dilakukan. pantauan suarasurabaya.net sekitar pukul 16.30 WIB, petugas kebersihan mulai membersihkan teras-teras masjid. Total bisa menampung 45 ribu jemaah baik di dalam maupun halaman masjid. Sedangkan gema takbir malam ini, Helmy mengaku akan dilakukan petugas sehingga tidak ada acara khusus.

“Lantai 1 dan 2 sudah siap, kita juga siapkan yang di halaman masjid jadi masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat,” tambahnya.

Helmy juga mengimbau masyarakat untuk datang lebih pagi dengan kondisi sudah wudhu dari rumah. Termasuk membawa sandal di kantong kresek atau tas dan dibawa ke dalam masjid agar lebih efektif. (lta/iss)

 

Berita Terkait