Selasa, 5 Juli 2022

Sejumlah Kendaraan Hias Siap Meriahkan Pawai Surabaya Vaganza Besok

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mobil hias milik Bank Jatim akan ikut pawai bunga dalam Surabaya Vaganza, sedang dihias, Jumat (27/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Satu hari menjelang pagelaran Surabaya Vaganza, sebanyak delapan kendaraan terlihat memenuhi tepi jalan sekitar Monumen Tugu Pahlawan, tepatnya di samping Gedung DPRD Jawa Timur Jalan Indrapura Surabaya.

Kendaraan yang didominasi jenis truk tersebut sedang dihias untuk memeriahkan Surabaya Vaganza dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729 yang digelar besok, Sabtu (28/5/2022).

Gunawan, salah satu tim yang sedang mempersiapkan kendaraan pawai milik Bank Jatim dengan tema ikon Gatot Kaca mengatakan, truk sudah mulai dihias sejak pagi. Hingga sekitar pukul 13.00 WIB, pengerjaan baru 20 persen saja sehingga diperkirakan truk baru siap pentas besok pagi.

“Ini baru jadi tiang penyangga sama wayangnya. Bunganya baru dipasang besok pagi biar tidak layu,” ujar Gunawan saat ditemui suarasurabaya.net, Jumat (27/5/2022).

Setiap kendaraan membutuhkan pengerjaan dengan durasi waktu yang berbeda untuk menghias.

Seperti Eddy dari Toko Bunga Mawar Eddy yang menerima order mobil hias milik Bagian Hukum dan Kerja Sama Pemkot Surabaya mengaku membutuhkan pengerjaan secara keseluruhan mulai membangun konstruksi mayoritas menggunakan kayu, hingga memasang bunga selama tiga hari.

Eddy, tim dari Toko Bunga Mawar Eddy mejunjukkan konsep mobil hias pesanan Bagian Hukum dan Kerja Sama Pemkot Surabaya yang sudah 80 persen pengerjaan, Jumat (27/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Ini sudah 80 persen. Tinggal pasang bunga sama diletakkan patungnya, besok sudah jadi,” ujar Eddy.

Pemasangan bunga, lanjut Eddy juga akan dilakukan pada Sabtu pagi dengan estimasi 5 hingga 6 jam agar tidak layu.

Sementara budget yang harus dikeluarkan untuk kendaraan truk yang dihias penuh rangkaian bunga tersebut diperkirakan sekitar Rp60-70 juta.

Kemudian untuk mobil hias pesanan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP), akan dihias penuh bunga dengan kereta api mini sebagai ikon.

Mobil hias pesanan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Pemerintah Kota Surabaya, Jumat (27/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Arifin, tim dari toko bunga Natalia selaku vendor mobil hias DKKORP mengaku, pengerjaan menghias mobil pick up ini sudah sejak 2 minggu lalu karena banyak detail stereofoam yang harus dibuat. Sementara untuk pemasangan hiasan bunga, Arifin mengatakan baru akan dilakukan malam nanti atau besok pagi agar lebih tahan lama.

“Bunganya dipasang sekitar nanti malam,” ujar Arifin sambil mengecat stereofoam.

Dalam Surabaya Vaganza besok, sebanyak 16 kendaraan hias akan memeriahkan pawai bunga mulai pukul 15.00 WIB, dengan start dari Siola Jalan Tunjungan hingga Alun-Alun Surabaya.

Selain itu 10 komunitas beranggorakan ratusan orang akan memeriahkan pawai budaya yang diberangkatkan mulai pukul 18.00 WIB. Mereka berasal dari komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan lain sebagainya.(lta/dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
31o
Kurs