Selasa, 5 Juli 2022

Surabaya Vaganza, Pawai Bunga dan Budaya Bakal Digelar Malam Hari

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rombongan Surabaya Vaganza yakni pengibar bendera pusaka, drum band, dan puluhan mobil Jeep Wilys berhias janur kuning yang mengarak 13 wali kota dan rombongan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional IV di Surabaya Vaganza 2019. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar Surabaya Vaganza dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729 pada Sabtu (28/5/2022) malam.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya mengatakan, Surabaya Vaganza yang terdiri dari pawai bunga dan pawai budaya ini akan mengambil start di Siola Jalan Tunjungan sampai Alun-alun Surabaya.

Rute ini diakui Wiwiek lebih pendek dibandingkan Surabaya Vaganza tahun 2019 yang dimulai dari Jalan Pahlawan, Keramat Gantung, Gemblongan, Tunjungan, Gubernur Suryo, Panglima Sudirman, Urip Sumoharjo, Raya Darmo dan finish di SMAK Santa Maria.

“Kami akan ambil start di Jalan Tunjungan, tepatnya di Siola ke Alun-alun Surabaya. Tidak terlalu panjang rutenya karena kita akan mulai pawai di malam hari,” kata Wiwiek saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Senin (23/5/2022).

Ia menambahkan, peserta parade bunga tahun ini juga tak sebanyak tahun sebelumnya. Hanya ada 16 kendaraan pawai bunga yang akan berparade.

Lalu untuk peserta parade budaya, ada kurang lebih 10 komunitas beranggotakan hingga ratusan orang yang mengikuti.

Terbatasnya jumlah peserta parade tahun ini karena banyak komunitas yang belum bisa bergabung.

“Surabaya Vaganza ini kan digelar saat landai. Sebulan kemarin kami ajak tapi tidak semua bisa bergabung. Kita akan jadikan momentum ini new normal,” tukasnya.

Meski peserta tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, Wiwiek memastikan tidak akan mengurangi antusiasme Pemkot dalam menggelar acara ini.

“Yang paling unik, dari 16 peserta pawai bunga kita akan ambil lima terbaik yang akan dipamerkan di sepanjang Jalan Tunjungan. Kendaraan akan stay sampai pukul 24.00 WIB,” ujarnya.

Kemudian terkait penutupan jalan yang akan digunakan untuk pawai, Wiwiek mengatakan akan dilakukan mulai hari Sabtu pukul 12.00 WIB.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
28o
Kurs