Sabtu, 29 Januari 2022

Sejumlah Rumah Warga di Pandeglang Rusak Akibat Gempa Banten

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi - Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). Foto: Antara

Gempa bumi Magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2022), pada pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, pusat gempa bumi itu berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 40 meter.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa bumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan,” ujar Abdul Muhari Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Jumat (14/1/2022), di Jakarta.

Kondisi kerusakan sejumlah rumah warga di Pandeglang pasca gempa bumi M 6,6 di Banten, Jumat (14/1/2022). Foto: BPBD Kabupaten Pandeglang

Data sementara yang dihimpun Tim BPBD Kabupaten Pandeglang, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Guncangan gempa bumi juga dirasakan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Warga di perumahan dan pegawai kantor sempat berhamburan keluar bangunan.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan guncangan gempa bumi sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

BPBD Kabupaten Lampung Barat pun melaporkan hal yang sama, guncangan gempa bumi dirasakan sekitar 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Sampai sekarang, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Sedangkan kerugian materiel masih dalam proses pendataan.(rid/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk TNI Muat Tank Terguling di Tol Perak-Waru KM 9.700

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Surabaya
Sabtu, 29 Januari 2022
27o
Kurs