Kamis, 25 April 2024

Sempat Dibantah Arema FC, Komdis PSSI Benarkan Temuan Botol Miras di Stadion Kanjuruhan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Aremania menyalakan lilin di salah satu pintu stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (7/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Irjen Pol Purnawirawan Erwin Tobing Ketua Komite Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI), Rabu (12/10/2022) membenarkan soal temuan puluhan botol minuman keras pasca tragedi Stadion Kanjuruhan.

Sebelumnya, Abdul Haris Ketua Panitia Pelaksana Arema FC melalui pengacaranya sempat membantah hal tersebut.

Meski bukan yang menemukan pertama, Erwin mengaku tahu ada 46 botol miras di Stadion Kanjuruhan, usai kerusuhan pada Sabtu (1/10/2022) malam lalu.

“Bukan saya, Labfor Polda Jatim. Saya di situ lihat botol-botolnya. Saya waktu di dalam gedung, kita lihat memang ada botol miras,” katanya pada awak media usai diperiksa sebagai saksi di Polda Jatim, Rabu (12/10/2022).

Sementara Taufik Hidayat kuasa hukum Abdul Haris Ketua Panpel Arema FC membantah temuan itu. Menurutnya, petugas keamanan gabungan dari TNI dan Polri menjaga ketat setiap pintu stadion.

“Kami sebagai panitia, itu jelas ada peraturan-peraturannya. Waktu masuk di lapangan, bukan hanya keamanan dari kita, ada polisi dan tentara dari TNI artinya benar digeledah. Itu jaganya ketat,” kata Taufik, Selasa (11/10/2022) malam kemarin, usai kliennya diperiksa penyidik Polda Jatim.

Diketahui selain Ketua Komdis PSSI, Akhmad Hadian Lukita Direktur PT LIB juga diperiksa sebagai tersangka hari ini. Sejak pukul 10.05 WIB kemudian keluar sekitar pukul 13.40 WIB untuk istirahat, ia kembali masuk ke gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim sekitar 15.20 WIB.

Peristiwa kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022, mengakibatkan 132 orang meninggal dunia dan ratusan suporter mengalami luka ringan dan berat. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs