Rabu, 24 April 2024

Seorang Haji Asal Jateng Meninggal Saat Perjalanan Pulang ke Tanah Air

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Keluarga haji kloter 12 asal Kabupaten Magelang yang menunggu proses menyerahan jenazah suaminya yang meninggal dalam perjalanan pulang di Asrama Haji Donohudan Boyolai, Sabtu (23/7/2022). Foto: Antara

Seorang haji asal Magelang Jawa Tengah (Jateng) yang tergabung dalam kloter 12 Debarkasi Solo, meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air, Sabtu (24/7/2022) malam.

Setibanya di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 17.34 WIB, jenazah haji tersebut langsung dibawa ambulans menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng.

Jenazah kemudian diserahkan kepada pihak keluarga oleh H. Musta’in Ahmad, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo yang juga sekaligus Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag jateng. Musta’in mengatakan jika haji yang meninggal di dalam pesawat tersebut, atas nama Heru Purwanto Alwi (63), warga Kabupaten Magelang.

Ia juga menjelaskan jika haji tersebut meninggal saat penerbangan pemulangan dari Jedah Arab Saudi, menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, dalam waktu penerbangan selama tujuh jam.

“Haji tersebut memang ada pendampingan karena faktor usia dan penyakit bawaan (komorbit) yang dialami,” kata Musta’in usai menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga di Asrama haji Donohudan, seperti dikutip Antara, Minggu (24/7/2022).

Musta’in menjelaskan, Almarhum sejak awal telah masuk kategori resiko tinggi (resti), sehingga sebelum penerbangan ke Tanah Air, beliau sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak terbang.

“Tapi beliau dalam perjalanan pulang ke Tanah Air telah dipanggil oleh Allah dan mudah-mudah hajinya mabrur husnul khotimah,” jelasnya.

Sementara itu, Sarip Sahrul Samsudin Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo menambahkan, bahwa haji asal Kabupaten Magelang tersebut meninggal dunia di dalam pesawat karena terkena serangan jantung, dan memiliki komorbit penyakit kardiovasculer beresiko tinggi saat penerbangan.

Untuk diketahui, Almarhum Heru Purwanto dilaporkan meninggal sekitar pukul 12.05 WIB, atau dua jam sebelum mendarat di Bandara Kuala Namu Medan Sumatera Utara.

Sementara itu, selain satu orang haji yang meninggal dalam pesawat saat perjalanan ke tanah air tersebut, terdapat 14 jemaah haji Debarkasi Solo yang meninggal di Tanah Suci. Sehingga, total yang meninggal menjadi 15 orang. (ant/des/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs