Sabtu, 27 April 2024

Seragam Satpol PP Pariwisata Surabaya Terinspirasi Sawunggaling

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Penampilan petugas Satpol PP Pariwisata yang baru ditampilkan tepat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan Satlinmas ke-60, Jumat (4/3/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Memperingati hari ulang tahun ke-72 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-60, hari ini, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meresmikan Satpol PP Pariwisata.

Satpol PP Pariwisata yang bertugas menjaga ketertiban di tempat-tempat wisata punya seragam khas kemeja lengan panjang berwarna merah tua berpadu dengan dasi dan celana abu-abu.

Eddy Christijanto Kepala Satpol PP Kota Surabaya mengatakan, pemilihan warna tersebut terinspirasi dari kisah rakyat Sawunggaling.

“Pemilihan warna diambil dari filosofinya Sawaunggaling yang identik merah dan keemasan, ini merupakan lambang kemenangan  dan kejayaan. Harapannya Satpol PP Surabaya bisa memberi pengayoman kepada masyarakat,” kata Eddy Chritijanto kepada Suara Surabaya, Jumat (4/3/2022).

Menurutnya, perpaduan warna seragam itu memberikan kesan humanis dan dekat dengan masyarakat.

“Mereka akan bertugas lebih humanis ketika memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada masyarakat di tempat-tempat pariwisata, pedestrian hingga Traffic Light (TL),” jelasnya.

Terkait ketegasan, lanjut Eddy, bisa terlihat dari seragam yang dipakai standar dari Satpol PP lengkap dengan topi baret.

“Satpol PP Pariwisata ini penampilannya tidak menakutkan tapi disegani. Jadi, waktu mengedukasi masyarakat tidak takut tapi segan, terutama saat  penertiban peraturan daerah,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dipegang Eddy, jumlah Satpol PP Pariwisata sekarang ada sebanyak 50 orang.

“Ini sebagai awal. Nantinya akan bertambah sesuai perkembangan,” katanya.

Lebih lanjut, Eddy berharap anggota Satpol PP bisa bekerja lebih profesional, humanis dan solutif. Artinya, setiap menyelesaikan perkara di lapangan harus berbasis pada solusi.

“Jadi, ketika Satpol PP bertemu dengan masyarakat, harus ada solusi,” tandasnya.(man/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs