Sabtu, 20 April 2024

Sistem ETLE Sudah Beroperasi di 34 Polda Seluruh Provinsi Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) meresmikan peluncuran electronic traffic law enforcement (ETLE) di delapan Polda pada hari ulang tahun yang ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, di Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022). Foto: Antara

electronic traffic law enforcement (ETLE) resmi diluncurkan di delapan kepolisian daerah, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Kamis (22/9/2022).

Peresmian secara simbolis dilakukan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), di Kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan.

“Kita sama-sama melihat bagaimana semakin hari Korps Lalu Lintas terus melakukan perbaikan-perbaikan, dan yang tadi sama-sama kita menyaksikan peresmian ETLE,” ujarnya dalam kegiatan peluncuran ETLE tahap tiga, dikutip Antara.

Bertepatan dengan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Korlantas melakukan peluncuran ETLE tahap tiga di delapan polda, meliputi Polda Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Maluku Utara.

Peluncuran itu sekaligus membuat sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi (ETLE) beroperasi di 34 polda seluruh wilayah Indonesia.

Pada peluncuran tahap tiga, terdapat pengembangan dan pembaruan berupa ETLE mobile device, yaitu perangkat elektronik yang digunakan secara portable dan mobile. Sistem mobile device terbagi menjadi tiga, yakni ETLE mobile on board, ETLE mobile hand held, dan ETLE mobile apps.

ETLE mobile on board adalah kamera ETLE portable yang dapat melakukan perekaman pelanggaran lalu lintas di titik rawan yang tidak terjangkau ETLE statis.

Sementara ETLE mobile hand held adalah perangkat elektronik pintar yang berfungsi sebagai alat capture pelanggaran lalu lintas yang langsung terintegrasi dengan data ETLE nasional.

Kemudian yang terakhir, ETLE mobile apps merupakan aplikasi yang bertujuan memberikan layanan informasi dan konfirmasi penindakan pelanggaran ETLE yang terintegrasi dengan data ETLE nasional.

Penambahan ETLE di delapan polda itu menandakan kehadiran sebanyak 270 kamera ETLE statis, 806 kamera ETLE mobile, dan 58 kamera speed cam di seluruh Indonesia.

Kapolri berharap, kehadiran ETLE di seluruh wilayah Indonesia bisa membuat jajaran Korlantas Polri meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta membuat Korlantas semakin baik ke depannya.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal Sigit juga menyampaikan selamat dan juga apresiasi kepada seluruh rekan-rekan jajaran Korlantas yang terus meningkatkan berbagai macam layanannya.

“Saya juga mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Lalu Lintas yang ke-67,” tandasnya.(ant/gat/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs