Rabu, 30 November 2022

Surabaya Bergerak Pekan Kedua, Warga Pengampon Sukses Kumpulkan 100 Glangsing Sampah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga RW 10 Pengampon, di Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian membersihkan saluran air dalam giat kerja bakti "Surabaya Bergerak", Minggu (20/11/2022). Foto: Januar Rizal Camat Pabean Cantian via WA SS

Pekan kedua program “Surabaya Bergerak”, pada Minggu (20/11/2022) hari ini, masih disambut warga Kota Pahlawan dengan antusias. Salah satunya, seperti kerja bakti yang dilakukan warga Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya.

Tepatnya di RW 10 Pengampon, Kelurahan Bongkaran, dilaksanakan kerja bakti massal di tiga titik. Warga gotong royong melakukan pengerukan saluran air, perampingan pohon hingga bersih-bersih depan rumah.

Januar Rizal Camat Pabean Cantian kepada Radio Suara Surabaya mengatakan, pengerukan saluran air di kawasan pertokoan (ruko) di Pengampon selalu jadi prioritas utama karena kerap muncul genangan saat hujan deras.

“Setiap hujan terjadi genangan, karena saluran airnya di situ agak menyempit. Itu sudah pernah dilakukan pengerukan oleh Satgas PU pusat, karena aliran airnya juga melambat. Sehingga kalau curah hujan deras, ada genangan tidak terlalu lama sekitar lima menit,” ujarnya.

Kata Rizal, kerja bakti sebenarnya rutin dilaksanakan tiap bulan di wilayahnya. Hanya saja, jadi lebih semarak dengan adanya “Surabaya Bergerak”.

“Saya selalu keliling memantau. Kami sampaikan ke warga jangan buang sampah di got (selokan). Kami sudah sediakan karung (glangsing) dan tempat sampah dengan dana kelurahan dan patungan warga. Selanjutnya dikoordinasikan dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk pengambilannya,” terangnya.

Giat perampingan pohon dalam program “Surabaya Bergerak” di kawasan Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Minggu (20/11/2022). Foto: Januar Rizal Camat Pabean Cantian via WA SS

Hasil dari kerja bakti hari ini, lanjut Rizal, dengan keterlibatan hampir seluruh warga di RW 10 Pengampon, total ada 100 glangsing berhasil dikumpulkan.

“Semua warga keluar rumah untuk ikut sekalian silaturahmi,” ucapnya.

Camat Pabean Cantian itu mengungkapkan, selanjutnya pada pekan ketiga “Surabaya Bergerak” sudah ada sekitar 10 RW yang akan ikut memeriahkan giat gotong royong tersebut. “Semuanya sudah terdaftar di bergerak.surabaya.go.id,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(bil/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Rabu, 30 November 2022
25o
Kurs