Jumat, 26 April 2024

Surabaya Darurat Gangster, Eri Cahyadi Minta Patroli Tiap Kecamatan Disiagakan 24 Jam

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surabaya melakukan patroli untuk menjaga keamanan di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Mengatasi darurat keberadaan gangster di Kota Surabaya, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meminta agar patroli di wilayah kecamatan lebih diintensifkan hingga 24 jam.

“Pemkot akan melakukan kegiatan-kegiatan kecamatan. Saya perintahkan, semua wilayah kecamatan harus ada yang melintasi 24 jam. Setiap kecamatan, sehingga mengamankan masing-masing wilayah. Itu bergerak dengan tiga pilar. Ranahnya memang pihak berwajib, Polrestabes, tapi camat, anak buahnya juga harus turun,” papar Eri, Sabtu (3/12/2022).

Dia akan memonitor wilayah kecamatan mana yang masih kebobolan disatroni gangster, terlebih yang membawa sajam.

“Kita akan lihat, kecamatan mana yang paling banyak kebobolan. Ini (patroli) tetap bergerak. Tapi, menghidupkan lagi kampung-kampungnya juga dijalankan. Ini kembali ke pribadinya,” tambahnya.

Dia juga mengapresiasi langkah polisi meringkus beberapa gangster. Eri minta masyarakat tetap aktif lapor ke Command Center 112 jika melihat gerombolan anak muda yang disinyalir tawuran.

“Gangster, Kapolrestabes dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak sudah turun jaga keamanan. Beberapa sudah ditangkapi. Menjaga Surabaya tidak bisa dibebankan pemerintah dan polres. Saya harap masyarakaat yang tahu orang kumpul-kumpul gerombolan sebelum melakukan tindakan, lapor 112 termasuk curanmor. Guyub rukun kampung dikembalikan lagi. Insyaallah kita cepet nyelesaikan masalah ini,” tuturnya.

Selain itu, Duta Karang Taruna yang sudah terpilih, lanjutnya, bertugas menghidupkan karang taruna di masing-masing wilayah Surabaya lagi.

“Saya yakin karang taruna Surabaya sudah bergerak, ada duta karang taruna saya yakin tanpa anggaran sudah brgerak. Karena kemarin sudah ada duta karang taruna yang dilakukan di Balai Pemuda itu bergerak ke mana-mana. Tugasnya karang taruna Surabaya itu menghidupkan masing-masing karang taruna,” paparnya.

Hal senada disampaikan Fuad Bernardi Ketua Karang Taruna Surabaya. Kini pihaknya sedang intensif berkomunikasi dengan Karang Taruna Surabaya Utara, salah satu lokasi seringnya terjadi bentrok antargangster.

“Sikap Karang Taruna Surabaya adalah kita mencoba melakukan komunikasi dengan teman-teman karang taruna di Surabaya Utara, sebenarnya yang mereka inginkan seperti apa dan kami mencoba untuk menjembatani,” ujar Fuad dikonfirmasi suarasurabaya.net.

Dia juga berupaya mengaktifkan seluruh karang taruna di Surabaya.

“Kami mengakui bahwa ada beberapa kartar tidak aktif, oleh karena itu tahun ini kami membuat duta karang taruna yang fungsinya untuk mensosialisasikan program katar dan mengaktifkan kartar-kartar di seluruh Surabaya,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, malam nanti, Sabtu (3/12/2022) akan diadakan patroli petugas gabungan. Didahului dengan apel yang langsung dipimpin Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya mulai pukul 21.00 WIB.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs