Jumat, 29 Maret 2024

Tepergok Pemilik Motor, Komplotan Maling Sembunyi di Sungai Kedinding Lor

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tiga orang pelaku pencurian motor saat diamankan di Mapolsek Kenjeran, Surabaya, Senin (19/9/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Tiga pemuda asal Surabaya ditangkap polisi karena mencuri sepeda motor di Jatipurwo Gang III, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya pada Minggu (18/9/2022) malam.

Komplotan itu sebelumnya lari tunggang langgang sampai terjun ke sungai karena tepergok pemilik sepeda motor dan dikejar warga.

Kompol Buanis Yudo Haryono Kapolsek Kenjeran mengatakan, satu orang pelaku berinisial R (19) diamankan warga saat melakukan pengejaran. Sementara pelaku berinisial S (21) dan F (21) dikerek polisi setelah menceburkan diri ke Sungai Kedinding Lor.

Pelaku S dan F mengaku terjun ke sungai karena ketakutan dikejar warga yang membawa batu dan bambu untuk menghajar mereka berdua.

“Iya ketakutan karena dikejar warga. Hasil curian ini mau dibuat bayar utang ke pinjol (pinjaman online),” kata salah satu pelaku saat memberi keterangan di Mapolsek Kenjeran, Senin (19/9/2022).

Berdasarkan pengakuan para tersangka, rencananya mereka hendak menjual sepeda motor hasil curiannya ke Madura.

“Saat melakukan pencurian ini mereka berbagi tugas, pelaku S yang bagian mengawasi sedangkan F yang eksekusi. Sedangkan R yang bagian menjualnya,” ujar Yudo.

Saat ketiganya sedang mencari sasaran, salah satu pelaku melihat ada motor Vario hitam yang terparkir di depan rumah dengan kunci yang masih menempel.

Mereka sudah berhasil membawa motor tersebut, tapi ketahuan pemilik motor. Dia langsung berteriak “Maling!” dan meminta bantuan warga untuk menghentikan mereka.

Satu orang berhasil diamankan sedangkan sisanya menceburkan diri ke sungai. Yudo mengatakan bahwa dua pelaku yang berada di sungai berhasil dievakuasi Senin (19/9/2022) sekitar pukul 03.30 WIB.

“Mereka melakukan aksinya pada Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 23.00 malam dan paginya dengan petugas BPBD juga kami berhasil mengevakuasi dua pelaku dan mengamankan mereka,” ujar Yudo.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs