Rabu, 1 Februari 2023

Terjebak Kebakaran Rumah, Lansia di Banyu Urip Surabaya Alami Luka Bakar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas pemadam kebakaran saat melakukan pembasahan dapur rumah yang terbakar di Jalan Banyu Urip Surabaya, Rabu (30/11/2022). Foto: Command Center Surabaya

Seorang laki-laki lansia di Jalan Banyu Urip, Kecamatan Sawahan, Surabaya, dilarikan ke rumah sakit setelah terjebak kebakaran di rumahnya pada Rabu (30/11/2022) sore.

Dari data Command Center Surabaya yang diterima suarasurabaya.net, pemilik rumah berinisial H (84)  itu dilaporkan mengalami luka bakar derajat 2 hingga, 90 persen bagian tubuhnya.

Api yang membakar rumah ukuran 6 x 10 meter tersebut, diduga berasal dari dapur. Saat kejadian, H yang kondisinya sudah kesulitan berjalan ini berusaha menyelamatkan diri masuk ke dalam kamar mandi.

“Dapur dan kamar mandi itu berdekatan, ukuran dua kali empat meter. Bapaknya kondisi susah berjalan jadi posisi di dapur dan berlindung di dalam kamar mandi, karena akses keluar juga terblokir api,” ujar seorang petugas Command Center Surabaya.

Selanjutnya untuk proses pemadaman dan penyelamatan H, petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya mengerahkan empat unit tempur dan enam unit penyelamat.

Setelah berhasil diselamatkan, lansia tersebut langsung dilarikan ke RSUD dr. Soetomo  Surabaya menggunakan mobil ambulance PMI untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sementara untuk api berhasil dipadamkan dan dinyatakan kondusif sekitar pukul 17.30 WIB.

“Untuk korban sudah ditangani di rumah sakit. Kondisinya Alhamdullilah stabil. Sudah ditemani keluarganya juga,” jelas petugas Command Center Surabaya. (bil/ipg)

Berita Terkait