Kamis, 25 April 2024

Unair Umumkan 50 Calon Mahasiswa yang Memperoleh Golden Extra Ticket

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Mohammad Nasih Rektor Unair menyampaikan keterangan 50 calon mahasiswa peraih Golden Extra Ticket, Sabtu (12/3/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya. net

Universitas Airlangga mengumumkan calon mahasiswa yang memperoleh Golden Extra Ticket lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) kepada 45 calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non-akademik.

Acara yang dilangsungkan secara hybrid ini dipandu langsung oleh Mohammad Nasih Rektor Unair, bertempat di Aula Amerta Lt 4 Rektorat Universitas Airlangga, Sabtu (12/3/2022).

“Hari ini yang mengikuti ada 45 peserta, dan lima lainnya sudah terpilih kemarin. Total ada 50 peserta,” jelasnya.

Pengumuman hari ini adalah peserta yang bobot prestasinya lebih tinggi. Sementara untuk peserta yang bergabung berikutnya, adalah mereka yang memiliki prestasi akademik dan posisi akademiknya cukup tinggi.

“Ini adalah anugerah yang luar biasa karena peserta yang ikut Golden Extra Ticket ada 700-an maka kita pilih satu persatu yang mana akademik murni ditambah prestasi, dan yang prestasi ditambah dengan posisi akademik,” urainya.

Mohammad Nasih menjelaskan Golden Extra Ticket ini menyebar di berbagai fakultas, mulai Fakultas Kedokteran, Biologi, Kimia serta Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Extra Ticket ini kita tambahkan dari daya tampung yang sudah kita umumkan secara nasional jadi tidak menganggu proses yang sudah ada secara regular,” jelasnya.

Kuota SMPTN Unair tahun ini total sebanyak 1.265 ditambah dengan jalur Golden Extra Ticket ini sebanyak 50 calon mahasiswa, sehingga jumalah totalnya 1.315.

Minat calon mahasiswa yang ingin masuk ke Unair, diakui Mohammad Nasih cukup tinggi.

“Calon mahasiswa yang mendaftar sekitar 18ribuan, jadi cukup ketat. Kesempatan atau peluang ke masuk Unair itu hanya 6 persen saja,” urainya.

Salah satu jurusan yang tinggi peminatnya adalalah Fakultas Kedokteran.

“Peluang masuk ke fakultas ini lewat jalur SMPTN hanya 3 persen saja, jadi peluangnya cukup ketat,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Golden Extra Ticket diberikan kepada calon mahasiswa jalur prestasi non akademik di antaranya, prestasi inovasi, kewirausahaan, organisasi dan manajerial, kepemimpinan, olahraga, keagamaan, dan prestasi lain yang sesuai dengan pilihan program studi (prodi). Untuk bidang keagamaan, salah satunya adalah tahfidz dan penghafal kitab suci semua agama.(man/dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs