Jumat, 29 Maret 2024

Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth Akan Ditayangkan di 125 Bioskop Inggris

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga melewati peti jenazah Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall, London, Inggris, Jumat, 16 September 2022. Foto: Reuters/Antara

Pemerintah Inggris mengatakan upacara kenegaraan pemakaman Ratu Elizabeth pada Senin (19/9/2022) besok akan ditayangkan di sekitar 125 bioskop di seluruh Inggris.

Selain itu pemerintah Inggris juga menyediakan layar besar di banyak taman, lapangan, dan katedral agar masyarakat bisa menyaksikan upacara akbar tersebut.

“Upacara pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi terkait di seluruh London juga akan ditayangkan secara langsung melalui televisi oleh BBC, ITV, dan Sky,” kata departemen kebudayaan Inggris dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Sabtu (17/9/2022), seperti dikutip dari Antara, Minggu (18/9/2022).

Para presiden, perdana menteri, dan anggota kerajaan dari seluruh dunia diperkirakan hadir pada upacara pemakaman Ratu Elizabeth, sosok paling lama yang memimpin Kerajaan Inggris.

Jumlah orang yang akan menonton upacara tersebut kemungkinan lebih besar dibandingkan saat peristiwa-peristiwa besar selama sejarah Inggris, termasuk upacara pemakaman Putri Diana pada 1997, Olimpiade London 2012, dan pernikahan para anggota keluarga kerajaan.

Asosiasi bioskop Inggris pada Kamis (15/9/2022) mengatakan masyarakat bisa menonton tayangan upacara itu secara gratis di bioskop.

Jenazah sang ratu disemayamkan di Westminster Hall hingga Senin dini hari.(ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs