Jumat, 19 April 2024

Peti Jenazah Ratu Elizabeth Akan Dibawa Perlahan ke Edinburgh

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ratu Elizabeth. Foto: The Royal Family

Peti jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa pelan-pelan dari kediamannya di wilayah pegunungan Scottish Highlands ke Edinburgh, Skotlandia, dengan menempuh perjalanan selama enam jam pada Minggu (11/9/2022).

Prosesi itu membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berbaris di tepi jalan guna memberi penghormatan terakhir kepada sang ratu, yang baru saja mangkat setelah tujuh dekade menduduki takhta Kerajaan Inggris.

Pada Minggu pukul 09.00 GMT (16.00 WIB), sebuah peti dari kayu ek yang berisi jenazah Elizabeth akan diletakkan ke dalam mobil jenazah yang dikawal enam penjaga.

Peti itu sebelumnya ditempatkan di aula Kastil Balmoral dengan ditutupi kain bersimbol kerajaan Skotlandia dan karangan bunga di atasnya.

Didampingi anak perempuan Elizabeth, Putri Anne, rombongan pengiring jenazah akan bergerak perlahan dari kastil yang jauh itu melalui kota-kota kecil dan desa-desa ke Edinburgh, tempat peti akan diletakkan di ruang takhta Istana Holyroodhouse.

Ribuan orang berkumpul di istana-istana kerajaan dalam beberapa hari terakhir, sejak Elizabeth wafat pada Kamis (8/9/2022), untuk meletakkan bunga dan memberi penghormatan.

“Saya tahu betapa dalam Anda, seluruh bangsa –dan saya pikir saya bisa mengatakan seluruh dunia– bersimpati dengan saya dalam kehilangan besar yang kami derita ini,” kata Raja Charles, putra Elizabeth, Sabtu (10/9/2022) dikutip Antara dari Reuters.

Charles berbicara dalam upacara yang memproklamasikan sebagai raja baru Inggris.

“Menjadi penghiburan terbesar bagi saya ketika mengetahui begitu banyak simpati yang diungkapkan bagi saudara-saudara saya dan bahwa kasih sayang dan dukungan luar biasa itu diberikan kepada seluruh keluarga kami saat kami mengalami kehilangan ini.”

Meski kematian Elizabeth tak sepenuhnya di luar dugaan –mengingat usianya, kesehatannya yang menurun, kematian Pangeran Philip, suami yang mendampinginya selama 73 tahun, pada tahun lalu– kabar wafatnya sang ratu masih dirasa mengejutkan.

“Kami semua mengira beliau tak terkalahkan,” kata sang cucu, Pangeran William, yang kini menjadi pewaris takhta, pada Sabtu (10/9/2022) ketika dia menemui masyarakat di Kastil Windsor.

Upacara kenegaraan pemakaman Ratu Elizabeth akan dilangsungkan di Westminster Abbey, London, pada Senin (19/9/2022), yang telah ditetapkan sebagai hari libur nasional di Inggris.

Sebelum itu, peti jenazahnya akan diterbangkan ke London dan akan ada prosesi untuk membawa peti tersebut dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, tempat jenazahnya akan disemayamkan selama empat hari.(ant/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs