Minggu, 5 Mei 2024

USS Anchorage Bersama TNI AL dan Kormar RI Gelar Latihan Bersama di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Latihan bersama militer Indonesia dan Amerika Serikat dalam Garuda Shield. Foto: US Embassy

Angkatan Laut A.S USS Anchorage (LPD 23) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Korps Marinir (Kormar RI) kembali menggelar Corporation Afloat Readiness and Training (Carat) atau latihan bersama di Surabaya, pada 15-17 Desember 2022.

Kapten Daniel Keeler Perwira Komando USS Anchorage, mengatakan bahwa Carat Indonesia merupakan latihan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat yang dirancang untuk mempromosikan kerja sama keamanan regional, mempertahankan serta memperkuat kemitraan maritim, dan meningkatkan interoperabilitas maritim.

“Carat Indonesia meruapakan kesempatan untuk memperkuat kemitraan kami dengan Angkatan Laut dan Korps Marinir Indonesia,” ucapnya saat berada di kapal angkut amfibi Angkatan Laut USS Anchorage yang bersandar di Pelabuhan Terminal Jamrud Surabaya, pada Kamis (15/12/2022).

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa, rangkaian Carat Indonesia terdiri atas latihan multinasional yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan angkatan laut A.S dan mitra.

“Untuk beroperasi bersama dalam menanggapi tantangan keamanan maritim tradisional dan non-tradisional,” ucapnya

Selain latihan, ia juga menyampaikan bahwa agenda itu untuk memperkuat hubungan melalui militer dan juga sebagai kesempatan untuk berbagi informasi.

“Akan menggabungkan sarana lain bagi kedua negara untuk menjalin ikatan seperti pameran olahraga di antara angkatan laut kedua negara,” ucapnya.

Sementara itu, Codi Richardson Spesialis Ritel Kelas 2, mengatakan bahwa seluruh angkatan laut A.S USS Anchorage, merasa gembira saat melakukan kunjungan pelabuhan asing pertama di Indonesia.

“Mereka sangat senang melihat dan mengalami Indonesia secara langsung,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pelaut dan marinir AS juga berkesempatan untuk merasakan budaya Indonesia melalui kunjungan ke Surabaya.

Sebagai diketahui, setelah kegiatan Carat Indonesia, Angkatan Laut A.S USS Anchorage akan melanjutkan pengerahan yang telah dijadwalkan secara teratur dengan Kelompok Siap Amfibi Pulau Makin setelah meninggalkan Surabaya.(ris/gat/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs