Senin, 30 Januari 2023

Viral Video Limbah Bungkus Alat Tes Covid-19 di Selat Bali

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tangkapan layar video limbah bekas kemasan tes Covid-19 yang tercecer di tepian pantai Terminal Sritanjung, kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.  Foto: Istimewa

Beredar sebuah video yang menggambarkan adanya limbah bekas kemasan tes Covid-19 yang tercecer Selat Bali, tepatnya di tepi pantai Terminal Sritanjung, kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Alvian Firdaus, reporter Radio Blambangan Banyuwangi melaporkan, limbah itu ditemukan dan divideokan oleh warga sekitar pada Sabtu (29/1/2022) kemudian viral di media sosial.

“Dinas terkait dan Polres Banyuwangi menindaklanjuti kejadian itu dan menerjunkan jajarannya ke lokasi. Sekarang limbah itu sudah bersih,” kata Alvian, Rabu (2/2/2022).

Dinas Kesehatan Banyuwangi dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banyuwangi telah menyatakan limbah itu tidak termasuk dalam limbah medis maupun Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) karena hanya plastik pembungkus alat tes cepat antigen.

“Memang sejak diwajibkan penumpang kapal laut harus tes antigen, banyak klinik yang buka di sepanjang jalan ke Ketapang. Dari sekian itu ditemukan yang tidak berizin dan sudah ditindak Forkopimda. Informasi terakhir dari PT KAI, ada lima klinik yang sudah berizin,” ujar Alvian.

Saat ini polisi masih menyelidiki lebih lanjut terkait penemuan limbah tersebut.(iss)

Berita Terkait