Jumat, 26 April 2024

Volume Kendaraan Naik, Akses Masuk Pulau Madura Padat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kemacetan yang terjadi dari arah Surabaya ke Madura dilaporkan mengular hingga ke Jembatan Suramadu, Minggu (1/5/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Telah terjadi peningkatan volume kendaraan dari Surabaya ke arah Madura, sejak Minggu (1/5/2022) pagi, tepatnya pada momen menejelang Lebaran.

AKP Abdul Aziz Kasatlantas Polres Bangkalan pada Radio Suara Surabaya, Minggu sore mengatakan, kepadatan arus lalu lintas tersebut berpusat di kawasan Traffic Light Tangkel Kabupaten Bangkalan, yang akan menuju ke Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

“Kemacetan terjadi selepas salat Subuh. Sebenarnya, kemarin sempat kita lakukan contraflow pada Traffic Light Tangkel tapi ternyata berakibat penumpukan di wilayah Pasar Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Meski demikian di pasar tersebut untungnya sudah tidak ada aktivitas,” paparnya.

Untuk mengurai kepadatan, lanjut Abdul Aziz, saat ini pihak Satlantas Polres Bangkalan sedang melakukan upaya penormalan lalu lintas di kawasan tersebut, dengan tidak melakukan rekayasa lalu lintas.

“Saat ini kita normalkan tanpa rekayasa lalu lintas, dan harapannya bisa mengurangi beban kendaraan yang melaju dari arah Surabaya ke Pamekasan dan Sumenep,” Jelasnya

Kasatlantas juga menyebut, saat ini sudah ada Tim Urai yang terdiri dari tim Satlantas dan Sabhara Polres Bangkalan, yang terus mobile menggunakan kendaraan roda dua untuk membantu mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Abdul Aziz menambahkan, sejatinya kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi sejak Sabtu (30/4/2022) malam. Meski demikian, kemacetan yang terjadi sampai sore hari ini, tidak sepadat kemarin.

“Dari kemarin setelah Maghrib, memang volume kendaraan yang melintas dari Surabaya masuk ke Madura memang luar biasa tinggi. Tapi hari ini kepadatan tersebut tidak sampai berhenti total, itu terlihat di depan Pasar Tanah Merah sudah berangsur lancar,” paparnya.

Kasatlantas juga menghimbau para pengendara, agar tidak melawan arus lalu lintas dengan berputar balik untuk menghindari kemacetan. Hal ini bertujuan, agar kemacetan tidak semakin panjang dan bisa segera cepat terurai.

Sebelumnya, kemacetan yang terjadi di wilayah Kabupaten Bangkalan tersebut, bahkan sampai mengular hingga ke kawasan Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Hal tersebut juga banyak disampaikan oleh masyarakat dalam program Kelana Kota Radio Suara Surabaya yang sedang melaksanakan perjalanan ke Pulau Garam.

“Perjalanan dari Sidoarjo ke Madura sebelumnya lancar. Tapi sesampainya di Jembatan Suramadu macet didominasi kendaraan roda dua,” kata Hasan Baisuni, pendengar SS.

“Surabaya arah Madura padat di Jembatan Suramadu arah Bangkalan, kemudian di Kawasan Tangkel Kabupaten Bangkalan arah pamekasan ada kemacetan satu kilometer,” ucap Faithul Arif Pendengar SS. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs