Sabtu, 10 Desember 2022

Menjelang Idulfitri, Setiap Hari Seribu Sepeda Motor Melintasi Suramadu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Arus mudik di Jembatan Suramadu didominasi oleh pengendara sepeda motor, Sabtu (30/4/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ipda Edi Kutono Perwira Pengendali Pos Pelayanan Suramadu menyebut jumlah kendaraan bermotor yang melintas di Jembatan Suramadu meningkat menjelang Idulfitri.

“Peningkatan arus mudik ini didominasi oleh pengendara sepeda motor, dengan rata-rata setiap hari bisa mencapai kurang lebih 1.000 motor,” kata Edi kepada suarasurabaya.net, Sabtu (30/4/2022).

Berdasarkan hasil pemantauan Pos Pelayanan Suramadu sejak Jumat (29/4/2022) kemarin. Jumlah kendaraan yang melintas perharinya selalu mengalami peningkatan kurang lebih lima persen.

Edi memprediksi, puncak arus mudik di Jembatan Suramadu terjadi pada H-1 lebaran dan hari H, sesaat setelah salat Ied. Kendati adanya puncak arus mudik, lanjut dia, tidak akan ada kemacetan atau penumpukan kendaraan.

“Kami perkirakan puncak arus terjadi saat hari H atau malam takbir dan sesudah salat Ied,” ujarnya.

Terkait upaya pengamanan dan antisipasi menjelang lebaran di sekitar Jembatan Suramadu, Pos Pelayanan Suramadu yang tergabung dengan Satpol PP Pemkot Surabaya akan terus menggelar patroli secara terjadwal selama 24 jam.

Kata Edi, upaya menjaga keamanan harus ditingkatkan dengan lebih ekstra untuk meminimalisir adanya tindak kriminalitas di sekitar Jembatan, terutama di jalur mudik.

“Jadi setiap ada kerumunan oleh anak-anak muda di kawasan Suramadu selalu kami tertibkan, bahkan saat ini sudah cenderung sepi,” jelasnya.

Kondisi cuaca di Jembatan Suramadu yang terpantau mendung, sesaat sebelum terjadi hujan, Sabtu (30/4/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Saat ditanya tentang penutupan jembatan karena prediksi cuaca yang sering tidak menentu menjelang mudik hari raya. Edi menyatakan, pihaknya akan berdiskusi dengan BPBD yang juga mendirikan pos tenda di sebelah pos pelayanan.

“Jadi kami akan mempertimbangkan penutupan jembatan dengan pihak BPBD, meski nanti saat arus mudik sedang terjadi kalau kita putuskan ditutup pasti akan ditutup. Karena ini mengutamakan keselamatan pengendara,” jelasnya.

Kepada masyarakat yang mudik melintasi Jembatan Suramadu, Edi berpesan untuk mempersiapkan kendaraan dengan kondisi yang prima dan selalu waspada dengan menjaga keamanan diri sendiri. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Sabtu, 10 Desember 2022
30o
Kurs