Rabu, 24 Juli 2024

Waktu Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang Sudah Mendapat Vaksin Booster Cuma Tiga Hari

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Vaksinasi booster. Grafis: Dukut suarasurabaya.net

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, mulai pekan depan, masa karantina pelaku perjalanan luar negeri yang akan masuk Indonesia cuma tiga hari.

Pengurangan durasi waktu karantina itu berlaku untuk Warga Negara Indonesia dan warga negara asing yang sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster).

“Mulai minggu depan, pelaku perjalanan luar negeri baik WNA mau pun WNI yang telah melakukan booster, lama karantina bisa berkurang menjadi tiga hari,” ujarnya sore hari ini, Senin (14/2/2022), secara virtual sesudah rapat kabinet terbatas yang dipimpin Joko Widodo Presiden.

Walau begitu, para pelaku perjalanan luar negeri tetap wajib menjalani prosedur pemeriksaan PCR dengan hasil negatif sebelum keluar tempat karantina.

Lebih lanjut, Luhut bilang pelaku perjalanan luar negeri yang sudah keluar tempat karantina perlu melakukan tes PCR mandiri di hari kelima kedatangan.

Kemudian, Koordinator PPKM Jawa-Bali menginstruksikan pelaku perjalanan luar negeri melaporkan hasil tes tersebut ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Indonesia menetapkan masa karantina orang dari luar negeri selama 14 hari.

Seiring dengan terkendalinya penyebaran kasus, pemerintah mulai melakukan pengurangan waktu karantina menjadi tujuh hari, kemudian turun lagi jadi lima hari.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs