Rabu, 24 April 2024

Wapres Minta Tempat Pemotongan Awasi Hewan Ternak Sakit Untuk Cegah PMK

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI. Foto: Biro Setwapres

Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI meminta tempat-tempat pemotongan hewan, memperketat pengawasan kepada hewan ternak yang sakit, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal tersebut, berkaitan dengan upaya pemerintah mengantisipasi penyebaran PMK hewan ternak menjelang Hari Raya Iduladha.

“Meminta kepada tempat pemotongan-pemotongan supaya mengawasi jangan sampai ada yang sakit kemudian di jual di pasar,” ujar Wapres di sela kunjungannya ke Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022) dikutip Antara.

Ma’ruf Amin menyampaikan, bahwa pemerintah sudah mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak dengan vaksinasi hewan, serta pencegahan dengan memindahkan atau melakukan karantina hewan yang terjangkit PMK ke tempat lain.

Sementara itu Majelis Ulama Indonesia (MUI), kata Wapres, juga sudah menyatakan hewan kurban yang memiliki gejala PMK ringan masih boleh dikurbankan.

“Ada kriteria, sesuai dikeluarkan MUI, kalau yang (gejala) ringan masih boleh (dikurbankan/dikonsumsi), yang berat tidak boleh. Pemerintah sekarang juga impor vaksin,” tuturnya.

Sebagai informasi, pada Kamis (16/6/2022) lalu, pemerintah berhasil mendatangkan 800.000 dosis vaksin PMK, yang langsung didistribusikan ke berbagai daerah prioritas dan bisa didapatkan masyarakat secara gratis. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs