Jumat, 19 April 2024

Warga Jatim Diimbau Segera Pasang STB Jelang ASO 20 Desember

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi TV Analog. Foto: Suarasurabaya.net

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat yang berwilayah siaran Jawa Timur 1 untuk segera memasang perangkat set top box menjelang analog switch off (ASO) 20 Desember.

“Untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya, yang akan melaksanakan ASO pada tanggal 20 Des 2022 pukul 24.00, supaya dari sekarang yang masih menggunakan TV analog untuk melengkapinya dengan STB,” kata Geryantika Kurnia Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo melalui pesan singkat kepada Antara, Jumat (16/12/2022).

Pada 20 Desember 2022, siaran televisi terestrial analog di wilayah siaran Jawa Timur 1 akan dihentikan. Setelah penghentian siaran itu, masyarakat akan mendapatkan sepenuhnya siaran digital.

Wilayah siaran Jatim 1 meliputi Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Pasuruan. Selain itu, wilayah siaran Jatim 1 lainnya yaitu Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto.

Perangkat STB berfungsi untuk mengubah transmisi digital menjadi gambar dan suara pada pesawat televisi analog. Bagi masyarakat yang sudah menggunakan pesawat televisi digital, tidak perlu menambahkan STB.

Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar segera memasang perangkat STB mulai sekarang, sebelum siaran televisi analog dihentikan. Jika menunggu siaran analog dimatikan, maka masyarakat tidak dapat menonton televisi dan berbondong-bondong membeli STB di pasaran.

Geryantika juga mengkhawatirkan apabila masyarakat baru membeli STB setelah siaran analog dihentikan, maka persediaan perangkat di pasaran akan menipis. Sementara, distributor memerlukan waktu beberapa hari untuk mengirimkan STB ke lokasi.

Bagi masyarakat miskin yang memenuhi kriteria Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), pemerintah dan lembaga penyiaran yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital akan memberikan bantuan STB gratis.

Menurutnya, distribusi bantuan STB untuk wilayah siaran Jatim 1 sudah mendekati 100 persen.

“Dengan kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, ASO di Surabaya (dan sekitarnya) akan berjalan lancar,” kata Geryantika.

Masyarakat yang sudah beralih ke perangkat televisi digital dan menambahkan STB pada televisi analog, maka dapat melakukan pemindaian ulang agar bisa mendapatkan lebih banyak program siaran.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs