Sabtu, 24 Februari 2024
Surabaya Bergerak.

Warga Tambak Dukuh Semangat Gotong Royong Bersihkan Saluran Air

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga Tambak Dukuh, RT 2 RW 9, Kel. Kapasari, Kec. Genteng, Kota Surabaya membersihkan saluran air, Minggu (4/12/2022). Foto: Ridzotullahmad Nurchakim

Sebanyak 25 warga Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya yang tergabung dalam RT 2 RW 9 semangat melakukan gotong royong membersihkan saluran air dalam rangka Surabaya Bergerak.

Ridzotullahmad Nurchakim Lurah Kapasari mengatakan, kegiatan kerja bakti ini lebih difokuskan pada pembersihan got di sekitar rumah warga di Jalan Tambak Dukuh, mengingat daerah tersebut kerap kali terjadi banjir saat hujan lebat, namun segera surut.

“Di titik-titik ini permasalahan saluran air masih menjadi tantangan. Jadi, warga utamanya fokus pada normalitas saluran,” terangnya saat mengudara di suarasurabaya.net, Minggu (4/12/2022).

Sebelumnya, Edo sapaan akrabnya mengatakan, Kelurahan Kapasari juga telah melakukan kerja bakti di daerah RW 1 pada minggu kemarin.

Dia mengatakan, keterlibatan warga RT 2 RW 9 sangat aktif dan para perangkat Tambak Dukuh turut andil dalam menggerakkan warganya dalam membersihkan saluran.

“Alhamdulillah tadi semua keluar untuk ikut bongkar saluran dan membersihkan sedimen di situ,” kata Edo.

Edo juga mengungkapkan, kendala yang dihadapi saat melakukan kerja bakti.

“Kebetulan di sini salurannya lama sehingga sangat hati-hati dalam membuka tutup got, karena takut pecah,”ungkap Edo.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya sedang berkoordinasi terkait perbaikan tutup gol hasil kerja bakti tadi karena kerusakan.

“Perlu kami tindaklanjuti untuk beberapa tutup got yang terjadi kerusakan sehingga harus seger diganti agar tidak terjadi kecelakaan. InsyaAllah kami terus memonitor pembetulan tutup got ini,” jelas Edo.

Selain itu, dia mengatakan bahwa pemberian glangsing juga menjadi salah satu kendala.

Hasil kerja bakti menghasil 50 sak yang berisi sedimen selokan itu. Sampah tersebut dikumpulkan di Jalan Kusuma Bangsa 132 dan langsung diangkut Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menggunakan truk.

“Alhamdulillah rekan DLH sangat tanggap dan sampah hasil kerja bakti langsung diangkut,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa partisipasi warga kerja bakti di wilayahnya masih belum ada yang terdaftar di website untuk jadwal minggu depan. Tetapi dia akan menginformasikan lagi kegiatan kerja bakti pada pertemuan dengan RT/RW, Selasa (8/12/2022) malam.(tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs