Sabtu, 20 April 2024

Woro-woro Patroli di Medsos, Wali Kota: Ini Tunjukkan Bangkitnya Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat memimpin apel patroli gabungan di Balai Kota Surabaya, Sabtu (3/12/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebanyak dua ribu personel gabungan menjalankan patroli skala besar, Sabtu (3/12/2022) malam hingga Minggu (4/12/2022) dini hari, di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan patroli memang sengaja diumumkan secara terbuka kepada publik dan disiarkan langsung di media sosial.

Ribuan personel berkeliling Kota Surabaya dengan sepeda motor. Beberapa juga mengendarai mobil dinas BPBD, Satpol PP, juga mobil polisi yang menyalakan lampu sirine.

Sejumlah masyarakat menilai, patroli terang-terangan itu justru akan diketahui para gangster dan menggagalkan aksi penertiban malam hari itu.

Dalam postingan berita akun resmi Instagram @suarasurabayamedia misalnya, berita Wali Kota memerintahkan patroli 24 jam di tiap kecamatan untuk atasi darurat gangster dinilai kurang tepat. Aksi yang digembor-gemborkan dianggap memicu para gangster bersembunyi sementara.

Diworo-woro ya sepi. Pakai intel, jangan pakai seragam,” tulis @deniukeyutaka di kolom komentar.

“Selama ini tengah kota, kalau di atas jam 12 malam tidak ada petugas Pak, apalagi di pinggiran,” komentar @titosimon.

Menanggapi itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengaku, patroli skala besar dan terang-terangan itu memang menunjukkan kebangkitan Surabaya melawan darurat gangster.

“Ini nunjukkan bangkitnya Surabaya. Kota diusik, ya bangun,” katanya saat apel sebelum patroli, Sabtu (3/12/2022).

Beberapa pelaku kejahatan, anggota gangster yang melukai korban, diketahui berasal dari daerah sekitar Surabaya. Dia, sudah berkoordinasi dengan kepala daerah masing-masingnya untuk melakukan upaya pemberantasan yang sama.

“Bupati Gresik dan Sidoarjo sudah koordinasi, kami akan lakukan langkah-langkah bersama,” imbuhnya.

Diketahui, patroli gabungan Pemkot Surabaya, Polrestabes Surabaya, dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak meringkus 12 remaja yang membawa senjata tajam. Patroli digelar mulai pukul 21.00 WIB hingga 00.30 WIB.

Belum diketahui total tambahan remaja yang diamankan malam itu, karena usai patroli gabungan berakhir, patroli di polsek lain masih terus berjalan.(lta/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs